Fantastis, Pemkot Pontianak Anggarkan Rp 22 Miliar untuk Bangun Bundaran di Pontianak Utara

"Untuk kelanjutan dari pembangunan Duplikasi Jembatan Landak II dan kita membangun jalannya termasuk penataan sekitarnya.

Fantastis, Pemkot Pontianak Anggarkan Rp 22 Miliar untuk Bangun Bundaran di Pontianak Utara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tak lama lagi warga Pontianak Utara akan merasa bangga lantaran pemerintah setempat akan membangun bundaran yang dicanangkan akan menjadi sati diantara icon Kota Pontianak khususnya dibagian utara.

Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menuturkan saat ini pihaknya telah menganggarkan dalam APBD 2019 untuk pembangunan bundaran di perempatan Jalan Gusti Situt Mahmud, Jalan 28 Oktober yang merupakan akses utama Jembatan Landak.

Pembangunan bundaran yang digadang-gadang menjadi icon ini, bagian dari komitmen pemerintah kota dalam penataan kawasan pembangunan Duplikasi Jembatan Landak.

Baca: Ingin Makan Martabak Mie Telur, Berikut Cara Membuatnya

"Untuk kelanjutan dari pembangunan Duplikasi Jembatan Landak II dan kita membangun jalannya termasuk penataan sekitarnya. Dalam penataan tersebut juga dilakukan pembangun bundaran Pontianak Utara," ujar Edi Kamtono saat diwawancarai, Kamis (11/10/2018).

Pembangunan jalan dan bundaran Pontianak Utara ini, Edi sebutkan 2019 awal sudah bisa dilakukan lelang untuk pengadaan barang dan jasanya.

Fungsi Bundaran Pontianak Utara dijelaskan Edi selain bagian penataan estetika juga berfungsi sebagai pengatur lalulintas.

Baca: Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Tiga Raperda, Ini Kata Bupati Rupinus

"Bundaran inikan tujuannya untuk memperjelas dan memperlancar arah lalulintas seperti Budaran Digulis," sebutnya.

Dalam pembangunan Edi sampaikan belum bisa memberikan rinciannya, pastinya memperhatikan geometrik jalan karena ini adalah jalan utama yang dilalui kendaraan besar seperti tronton.

"Kita memerlukan geometrik yang standar untuk mobil besar, ini adalah jalan utama," ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa bundaran ini akan menjadi satu diantara icon Pontianak, karena diutara adalah central Lidah Buaya dan direncanakan kalau akan ada desian duplikasi Lidah Buaya ditengah-tengah bundarannya.

"Ditengah-tengahnya kita buatkan duplikasi tanaman Lidah Buaya yang nantinya ditambah dengan seni pencahayaan sehingga saat malam akan tampak cantik dengan lampunya dan seolah hidup," ujarnya.

Pihak PUPR Kota Pontianak telah menganggarkan sekitat Rp22 miliar untuk penataan jalan dan bundaran tersebut. Edi mengharapkan pembangunan tak mengalami kendala dan dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved