APTIK Gelar Hari Studi Aptik, Ini Tema Yang Diusung

Hari studi APTIK merupakan pertemuan anggota-anggota APTIK untuk mempelajari dan merefleksikan isu-isu penting kehidupan masyarakat

APTIK Gelar Hari Studi Aptik, Ini Tema Yang Diusung
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DAVID NURFIANTO
Romo Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama, S.J., M.Sc, pada acara Hari Studi APTIK di Hotel Ibis Pontianak, Kamis (11/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK),  menyelengarakan Hari Studi APTIK di Hotel Ibis, selama dua hari, Kamis (11/10/2018) dan Jumat  (12/10/2018).

Kegiatan Hari Studi APTIK  mengusung tema "Peran APTIK untuk mengukuhkan Kebangsaan dalam Kebhinnekaan,".

"Hari studi APTIK merupakan pertemuan anggota-anggota APTIK untuk mempelajari dan merefleksikan isu-isu penting kehidupan masyarakat yang relevan dengan kinerja perguruan tinggi," ujar Ketua APTIK, Romo Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama, S.J, M.Sc, Kamis (11/10/2018).

Romo menjelaskan, tema yang diusung pada kegiatan ini berlatar belakang kondisi sosial bangsa Indonesia saat ini yang rawan konflik antar kelompok.

Konflik yang melibatkan unsur-unsur agama dengan gerakan fundamental yang terarah ke penolakan terhadap kebhinnekaan.

"Gerakan fundamental yang anti-keberagaman dan anti-kebhinnekaan mulai memasuki dunia perguruan tinggi," tuturnya.

Baca: Asap masih Mengepul Lokasi Kebakaran yang Hanguskan 4 Ruko

Romo menambahkan APTIK sendiri mempunyai tujuan untuk membela Konstitusi dan Pancasila sebagai norma tertinggi bangsa.

Romo berharap seluruh peserta yang hadir pada acara ini mendapatkan beberapa pemahaman mengenai Kebangsaan dan Kebhinnekaan.

Pertama Peserta bisa mendapatkan pemahaman yang utuh, mendalam, sistematis, dan komprehensif, seta valid tentang kesesuaian peran APTIK di dalam mengukuhkan makna kebangsaan dalam kebhinnekaan.

Baca: Maya Satrini: Singkawang Terkenal dengan Masalah Perdagangan Orang

Kedua Peserta juga mendapatkan pemahaman yang tepat tentang posisi dan relasi APTIK dalam mengukuhkan kebangsaan dan nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi prinsip keberagaman atau Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga Peserta bisa mendapatkan pemahaman sistematis, mendalam, komprehensif, dan bijaksana tentang strategi mengamalkan Pancasila dalam semangat kebangsaan melalui jalur yang ditempuh oleh para anggota APTIK.

"APTIK juga berharap anggota-anggota APTIK mampu merancang program-program konkret untuk mewujudkan strategi mengamalkan Pancasila melalui jalur-jalur yang tersedia di lingkungan APTIK dalam kerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki visi-misi serupa," tutupnya. (Mg1)

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help