Berita Video

Zonasi Kawasan Konservasi Perairan Paloh

World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia Program Kalimantan Barat selaku lembaga yang konsen memperjuangkan wilayah konservasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Destriadi Yunas Jumasani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia Program Kalimantan Barat selaku lembaga yang konsen memperjuangkan wilayah konservasi di perairan Paloh satu diantaranya melalui langkah penetapan zonasi kawasan konservasi.

Saat ditemui di Camp WWF Sui Belacan Sabtu (6/10/2018) siang, Acting Manager Protected and Conserved Areas WWF-Indonesia, Albertus Tjiu mengatakan WWF dan Pemkab Sambas sudah menyusun peta usulan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZW3P) di Kabupaten Sambas tepatnya di Kecamatan Paloh.

Rencana zonasi ini sebenarnya adalah dokumen yang harus ada terlebih dahulu sebelum dokumen rencana zonasi detailnya disiapkan terkait dengan pembagian zona.

Baca: Jangan Lewatkan, Jalan Sehat Insurance Day 2108 Berhadiah Utama Sepeda Motor

“Peta usulan disusun berdasarkan hasil riset selama ini, jadi untuk pengusulan kawasan rencana zonasi itu misalnya kawasan perairan itu ada dibagian mana, kawasan konsevasi penyu ada dibagian mana, dan kawasan pemanfaatan ada dimana, kalau untuk hotspot area peneluran penyu sepanjang 19,3 kilometer dari Pantai Sungai Ubah – Pantai Sungai Mutusan, masuk dalam area desa Sebubus,” tutur Albertus.

Jika tidak ada halangan dokumen Rencana Pengelolaan dan Zonasi (RPZ) seharusnya tahun ini sudah selesai dikerjakan.

Albertus menekankan seharusnya tahun ini sudah siap karena sudah ada SK Gubernur yang terkait dengan kawasan konservasi perairan daerah (KKPD) yang menjadi acuannya.

“Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 193/DKP/2017 tanggal 21 Februari 2017, di Taman Pesisir Paloh seluas 105.252,79 hektare, sedikit lebih kecil dari yang kami ajukan,” ungkap Albertus

Penulis: Destriadi Yunas Jumasani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help