Perawat Muda Ini Ajak Hindari Hipertensi

Ia menjelaskan, hipertensi merupakan gejala akibat meningkatnya tekanan darah sistolik lebih besar dari 140 mmHg dan diastolik

Perawat Muda Ini Ajak Hindari Hipertensi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Dhanty, perawat muda. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit menakutkan bagi masyarakat Indonesia.

Dhanty, perawat muda yang kini bekerja di RS St Antonius membagikan tipsnya mencegah hipertensi.

"Dunia kedokteran mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mencegah pastinya dengan istirahat yang cukup, memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi dan rajin berolahraga minimal sepekan sekali," tutup Dhanty, Rabu (10/10/2018).

Baca: Nih, Tips Cantik Berhijab Ala Runner Up 2 Dare Pontianak 2017

Baca: Sempat Tak Aktif, Atiqah Hasiholan Unggah Foto di Instagram Pasca Penangkapan Ratna S

Dhanty menjelaskan, hipertensi termasuk penyakit yang mematikan. Ia mengatakan, risiko mengerikan dari hipertensi bisa dicegah dengan mengatur pola hidup yang baik seperti istirahat teratur, pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Ia menjelaskan, hipertensi merupakan gejala akibat meningkatnya tekanan darah sistolik lebih besar dari 140 mmHg dan diastolik lebih besar dari 90 mmHg.

“Hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi seperti stroke, kelemahan jantung, Penyakit Jantung Koroner (PJK), gangguan ginjal dan lain-lain yang berakibat pada kelemahan fungsi dari organ vital seperti otak, ginjal dan jantung yang dapat berakibat kecacatan bahkan kematian. Hipertensi disebut juga sebagai silent killer karena merupakan salah satu faktor risiko paling berpengaruh penyebab penyakit jantung,” ujar Dhanty. (*)

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved