LSM Citra Hanura Sambut Baik Diterbitkannya PP No 43 Tahun 2018

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2018. pelapor kasus korupsi dan suap bisa mendapat hadiah

LSM Citra Hanura Sambut Baik Diterbitkannya PP No 43 Tahun 2018
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau Abdul Rahim 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2018.

Pelapor kasus korupsi dan suap bisa mendapat hadiah hingga Rp 200 juta.

Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau Abdul Rahim menyambut baik lahirnya PP tersebut, namun keberadaan PP menururnya menjadi dilema, terutama bagi panitia lelang.

“PP ini bisa berpotensi dilematis, karena bisa menjadi momok bagi para pemangku kepentingan dalam melaksanakan kegiatan yang menggunakan dana negara. jangan sampai roda pembangunan terhambat karena ketakutan para pelaksaan kegiatan tidak berani jadi panitia lelang dan penanggung jawab kegiatan, ” katanya, Rabu (10/10).

Baca: Terkait Imunisasi MR, Dinkes Ketapang Himbau Kemenkes Kedepannya Lebih Siap

Sisi lain, lanjut Rahim, lahirnya PP tersebut diharapkan bisa memacu kinerja para pemangku kepentingan untuk lebih transparan dalam pengelolaan anggaran dana negara.

“Itu manfaat yang menurut saya sangat baik dalam sistem pemerintahan kita, karena melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana negara baik APBN maupun APBD, ” jelasnya.

Lanjutnya, meskipun belum mengetahui detal isi dari PP tersebut, Rahim berharap implementasi dari PP tersebut tidak bias ke masyarakat.

“Karena untuk membuat laporan kasus korupsi bukanlah semata-mata ada yang janggal lalu lapor tanpa disertai fakta dan bukti yang kongkrit, lain halnya kalau OTT. Yang jelas saya sangat menyambut baik PP nomor 43 tahun 2018 tersebut, namun Juklak dan Juknisnya harus jelas, ” pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved