HSNI Desak Pemerintah Permudah Nelayan Peroleh Solar

Busrah Abdullah mengaku bingung lantaran pemerintah seperti menyulitkan persyaratan guna mendapatkan BBM bersubsidi

HSNI Desak Pemerintah Permudah Nelayan Peroleh Solar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Babinkamtibmas memberikan imbauan kamtibmas kepada Nelayan di Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan, kamis, (05/07/2018). 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kubu Raya, Busrah Abdullah mengaku bingung lantaran pemerintah seperti menyulitkan persyaratan guna mendapatkan BBM bersubsidi bagi nelayan.

Padahal menurut dia kebutuhan akan solar ini sangat penting bagi para nelayan.

"Banyak syarat yang harus dipenuhi oleh nelayan, siapa yang akan membantu mereka. Nelayan dari Tanjung Saleh misalnya ke Supadio, Dinas Perikanan, memerlukan waktu hampir satu hari, belum lagi biaya besar, belum tentu mengurus surat itu selesai sehari," ujarnya.

Ia pun mendesak pemerintah turun langsung mengatasi kelangkaan BBM mengingat 70 persen warga Kubu Raya bermata pencaharian nelayan.

Baca: Polisi Beberkan Lokasi Penemuan Jasad Bocah 6 Tahun di Kebun Sawit

"Masih ada empat kecamatan di Kubu Raya yang mengalami masalah serupa seperti Kecamatan Teluk Pakedai, Kubu, Batu Ampar, dan Sungai Kakap. Di empat kecamatan itu permasalahannya juga sama yaitu masalah BBM, surat menyurat," tuturnya.

Belum lagi menurutnya pelarangan alat tangkap (trawl) yang hingga kini belum ada solusi sehingga para nelayan tidak berani untuk melaut.

"Kita berharap ada kebijakan yang bisa diambil agar nelayan ini dipermudah kemudian bisa memenuhi syarat pemerintah tetapi juga tidak menyulitkan mereka," tutupnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved