Bupati Sambas Resmikan PDAM IKK Sekura, Dirut PDAM: Semoga Bermanfaat

Hari ini, Bupati Sambas baru saja meresmikan PDAM Tirta Muare Ulakan untuk Ibu Kota Kecamatan

Bupati Sambas Resmikan PDAM IKK Sekura, Dirut PDAM: Semoga Bermanfaat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Bupati Sambas dan Direktur PDAM Tirta Muare Ulakan saat meninjau hasil olahan air PDAM di Masjid At-Taqwa, Desa Pedada, Rabu (10/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Hari ini, Bupati Sambas baru saja meresmikan PDAM Tirta Muare Ulakan untuk Ibu Kota Kecamatan (IKK) di Sekura, Rabu (10/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PDAM Tirta muare ulakan Asriadi ST mengatakan sebelum melakukan peresmian IKK Sekura. PDAM Muare Ulakan telah melakukan uji coba selama kurang lebih tiga bulan untuk program tersebut.

"Ini telah lama kita lakukan uji coba mulai dari bulan Juli 2018 lalu, maka ini puncak dari uji coba itu, kita hari ini akan beroperasi di Kecamatan Teluk Keramat (Sekura)," ujarnya.

Baca: Kunjungi Tribun Pontianak, Petinggi AAUI Kalbar Ungkap Gagasan Soal Asuransi di Insurance Day

Ia menjelaskan, sebetulnya pada 2010 PDAM di Sekura sudah berjalan dengan melayani 199 rumah. Namun pada 2015 PDAM Kabupaten Sambas mengalami defisit, oleh karena terlalu banyak menggunakan bahan bakar solar dalam operasionalnya.

Untuk itu, dengan diresmikannya IKK Sekura sore tadi, maka ia mengatakan itu akan menjadi tanda awal kembalinya PDAM untuk melayani masyarakat di Kecamatan Teluk Keramat.

"Untuk itu, hari ini adalah tanda awal untuk kembalinya PDAM yang kembali melayani masyarakat Kecamatan Teluk Keramat, dan ini mudah-mudahan bisa teratasi (kekurangan Air Bersih)," sambungnya.

Lebih lanjut Asriadi mengatakan kedepannya, PDAM sekura tidak lagi menggunakan air sungai sebagai bahan baku dasar air untuk di aliri ke masyarakat. Karena kedepannya akan menggunakan air dari riam pencarek dan riam berasap.

Oleh karenanya ia berharap, kedepannya PDAM akan bisa melayani hingga 1000 konsumen.

"Saat ini PDAM akan melayani 36 konsumen, kedepannya saya yakin akan terus bertambah. Bahkan memiliki potensi hingga 1000 konsumen, atau rumah tangga," tuturnya.

Ia juga menjelaskan kepada Bupati, bahwa pihaknya saat ini juga menemukan kendala, seperti pipa yang sudah sangat tua dan berada dibawah jalan beton. Untuk itu sangat sulit untuk melakukan perawatan. Dengan demikian kedepannya akan di usulkan peremajaan secara menyeluruh untuk PDAM di Kabupaten Sambas. (One)

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help