BKD Singkawang Sosialisasikan Peraturan Daerah Terkait Pajak

Sebenarnya, kata dia, hampir seluruh daerah di Indonesia sudah menerapkan pajak 10 persen dalam kerangka peningkatan PAD

BKD Singkawang Sosialisasikan Peraturan Daerah Terkait Pajak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Pemerintah Kota Singkawang melalui Badan Keuangan Daerah Singkawang menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2010 tentang Pajak Daerah di Aula Hotel Swiss Belinn Singkawang, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Pemerintah Kota Singkawang melalui Badan Keuangan Daerah Singkawang menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2010 tentang Pajak Daerah di Aula Hotel Swiss Belinn Singkawang, Selasa (9/10).

Kepala Badan Keuangan Daerah Singkawang, Muslimin mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak dan wajib pungut terutama wajib pajak hotel, restoran, rumah makan dan hiburan.

Baca: Sat Jatanras Polres Singkawan Amankan Pencuri Dan Pengrusakan Kost

Baca: Bawaslu Singkawang Temukan Masih Ada APK Tak Sesuai Ketentuan

"Bahwa diawal Januari 2019 akan ada perubahan tarif, yang mana selama ini baru diterapkan sebesar 8 persen namun berkenaan dengan Perda yang akan diberlakukan dan disetujui oleh Kemendagri akan ditingkatkan menjadi 10 persen," kata Muslimin.

Sebenarnya, kata dia, hampir seluruh daerah di Indonesia sudah menerapkan pajak 10 persen dalam kerangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Hanya kita saja yang masih menerapkan 8 persen. Namun dengan aturan yang berlaku dan didorong oleh BPK bahwa penarikan pajak hotel, restoran, rumah makan dan hiburan harus disesuaikan dengan semestinya," ujarnya.

Tak tanggung-tanggung, dalam sosialisasi yang dilaksanakannya itupula mendatangkan narasumber dari Kemendagri selaku evaluaver terkait dengan Perda Pajak Daerah.

"Harapan kita diakhir tahun 2019, PAD kita akan semakin meningkat karena sudah diberlakukannya peningkatan tarif sebesar 2 persen tersebut," ungkapnya.

Diakuinya, capaian realisasi PAD dari pajak hotel, restoran, rumah makan dan hiburan saat ini sudah mencapai 120 persen. "Realisasi pendapatan ini terhitung dari Januari-September 2018," jelasnya.

Dengan adanya peningkatan sebesar 2 persen nanti, maka realisasi PAD dari pajak hotel, restoran, rumah makan dan hiburan akan semakin meningkat pada akhir 2019.

Hadir dalam sosialisasi itu, seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang dan semua wajib pajak seperti pengelola hotel, restoran, rumah makan dan hiburan. (*)

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help