Tingkatkan Pelayanan, Kejari Ketapang Sosialisasikan Program E-SPDP

Pada sosialisasi tersebut membahas mengenai program E-SPDP berbasis online yang dibuat oleh Kejari Ketapang

Tingkatkan Pelayanan, Kejari Ketapang Sosialisasikan Program E-SPDP
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sosialisasi Program E-SPDP oleh Kejari Ketapang, Selasa (09/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang baru saja menggelar sosialisasi dalam rangka Optimalisasi Pengelolaan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) Berbasis Elektronik Bidang Tindak Pidana Umum (Pidum) Kejari Ketapang.

Pada sosialisasi tersebut membahas mengenai program E-SPDP berbasis online yang dibuat oleh Kejari Ketapang, Selasa (09/10/2018).

Kasi Pidum Kejari Ketapang, Rudy Astanto mengaku, kalau program E-SPDP ini merupakan inisiasi dirinya bersama Kajari Ketapang. Dengan tujuan untuk memangkas birokrasi yang selama ini dinilai memakan cukup banyak waktu pada prosesnya.

Baca: Alamat Kantor IndiHome Pontianak Beserta Paket Pemasangan

"Kami melihat rekan-rekan penyidik misalkan dari Kecamatan jauh seperti dari Manis Mata, Pulau Maya, Karimata yang perlu waktu berjam-jam bahkan harus menginap misalnya hanya untuk mengirimkan SPDP atau mengambil perpanjangan penahanan," kata Rudy.

Rudy menambahkan, program ini disambut baik oleh pihak Kepolisian baik dari para penyidik maupun Kapolres Ketapang lantaran dinilai mempermudah koordinasi khususnya antara teman-teman penyidik dengan JPU.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ketapang, Darmabella Tymbasz mengatakan kalau pihaknya melalui bidang Pidum membuat program inovasi terkait penggunaan E-SPDP.

"Hari ini kita sosialisasikan terlebih daulu mengenai E-SPDP ini kepada para penyidik baik dari tingkat Polsek hingga Polres yang ada di Polres Ketapang dan Polres Kayong Utara," ungkapnya, Selasa (9/10).

Darmabella menilai, sosialisasi ini dilakukan agar realisasi penggunaan program E-SPDP dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Iapun mengaku kalau tujuan pihaknya sendiri dengan adanya E-SPDP untuk mempermudah sinergitas antara penyidik dengan pihak Kejaksaan misalnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) khususnya terkait masalah pengiriman SPDP suatu perkara.

"Kita ingin terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan dan peran Kejaksaan. Dengan E-SPDP kita berharap rentang waktu pengiriman SPDP atau pengambilan perpanjangan penahanan bisa dipangkas agar tak memakan waktu lama," terangnya.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help