Antisipasi Angka Kemiskinan Sintang Yang Terus Meningkat, TKPK Gelar Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi ini dibuka langsung oleh Ketua TKPK Kabupaten Sintang yang juga Wakil Bupati Sintang Askiman

Antisipasi Angka Kemiskinan Sintang Yang Terus Meningkat, TKPK Gelar Rapat Koordinasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sintang menggelar Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Aula Bappenda Sintang, Selasa (9/10/2018) pukul 13.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sintang menggelar Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Aula Bappenda Sintang, Selasa (9/10/2018) pukul 13.00 WIB.

Rapat Koordinasi ini dibuka langsung oleh Ketua TKPK Kabupaten Sintang yang juga Wakil Bupati Sintang Askiman dan dihadiri oleh Kabid Sosial dan Budaya Bappeda Provinsi Kalbar Anselmus, dan Anggota TKPK Kabupaten Sintang.

Askiman menjelaskan, angka kemiskinan di Sintang terus mengalami kenaikan. Tahun 2016 angka kemiskinan di Sintang adalah 10, 07 persen dan pada Tahun 2017 naik menjadi 10,20 persen. Ada kenaikan 0,13 persen.

Baca: Prediksi Susunan Pemain Persib Vs Madura United, Maung Bandung Tanpa Bomber Andalan

“Ini sangat menghawatirkan, sebenarnya kondisi masyarakat di kampung tidak ada yang kelaparan. Tetapi standar miskin menurut pemerintah pusat itu bukan hanya soal lapar tetapi infrastruktur penunjang kehidupan masyarakat," jelasnya.

Menurutnya penanggulangan kemiskinan bisa dilakukan melalui sinergitas semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Salah satu fasilitas yang menjadi penilaian juga adalah sanitasi.

Askiman mengatakan bahwa membangun sanitasi, sebenarnya bisa membuat klosed dari semen. Satu sak semen bisa untuk membuat 10 klosed WC.

Kalau ini dilakukan secara massal maka persoalan sanitasi bisa teratasi.

"Pemerintah desa juga harus membuat anggaran untuk membuat WC di setiap rumah. Saya juga minta OPD bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya buang air besar di WC dan membangun pipanisasi air bersih," pinta Askiman.

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved