DPMPD Sintang Gelar Bimtek untuk Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa 

Roni menambahkan bahwa Bimtek ini diikuti oleh 314 orang peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kaur Desa.

DPMPD Sintang Gelar Bimtek untuk Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahaan Desa (DPMPD) Sintang melaksanakan Bimbingan Teknis Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Gedung Pancasila, Senin (8/10/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahaan Desa (DPMPD) Sintang melaksanakan Bimbingan Teknis Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Gedung Pancasila, Senin (8/10/2018) pagi. 

Kepala DPMPD Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni menyampaikan bahwa dalam Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 sudah diatur tentang tata cara Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. 

Baca: Inilah Penampilan 10 Peserta di Malam Grand Final Pemilihan Bintang Radio LPP RRI Sintang 

Baca: Amankan Pilkades Serentak Kayong Utara, Kapolres Kerahkan 83 Personel

“Ini wajib dilakukan, maka kami melaksanakan bimbingan teknis agar peserta bimtek paham
tupoksi dan paham mengelola administrasi Pemerintahan Desa yang efektif dan efisien, sesuai tata kelola pemerintahan," jelasnya. 

Roni menambahkan bahwa Bimtek ini diikuti oleh 314 orang peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kaur Desa. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap agar semua desa ikut dalam bimbingan teknis ini. 

"Jadi yang awalnya kita rencanakan 100 desa dulu, lalu seminggu sebelum kegiatan ini berlangsung banyak desa yang mengajukan untuk ikut pada tanggal ini, jadilah hampir semua desa ikut,” terang Roni. 

Pihaknya berharap pemerintah desa mampu dan bisa memahami cara membuat laporan pembangunan, laporan penyelenggaraan pemerintahan desa. Sehingga nanti dapat dilakukan evaluasi yang tepat.

“Salah satu kewajiban desa ialah membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa. Ada proses pembinaan yang kita lakukan hari ini salah satu bentuknya, melalui bimbingan teknis ini," pungkas Roni. 

Kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelompok. Pihaknya sedang memetakan, dibuat zona, desa-desa berdasarkan jangkauan geografis. Supaya kegiatan bimbingan teknis ini bisa efektif dan efisien. 

Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved