Ribuan Pengunjung Antusias Lihat Ranpur TNI dari Dekat

Ribuan masyarakat mendatangi Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI, tak hanya bisa melihat dari jarak dekat

Ribuan Pengunjung Antusias Lihat Ranpur TNI dari Dekat
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Masyarakat dan Pelajar antusias kunjungi pameran Alutsista TNI di Makodam XII Tanjungpura 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA – Dibuka untuk umum, pameran Alutsista TNI dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI di Makodam XII Tanjungpura berlangsung sejak Jumat (5/10) sore kemarin.

Ribuan masyarakat mendatangi Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI, tak hanya bisa melihat dari jarak dekat, bahkan memegangnya langsung dan menaiki kendaraan tempur.

Antusias terlontar dari dua pelajar SLTP Kubu Raya ini, saat di wawancarai Tribun Pontianak, yang mengatakan acara ini memang sudah dia tunggu-tunggu.

Baca: Beli Paket Umrah Alfa Kaza Mustika, Jamaah Bisa Bareng Ustadz Abdul Somad

"Pengen lihat dan pegang senjata milik tentara,"ujar Rendi pelajar SMP Sui Raya pada Sabtu (6/10/2018)

Tak hanya itu, Surya rekan Rendi juga mengatakan dirinya ingin menaiki kendaraan tempur, bahkan sejak kemarin di buka untuk umum, ia bersama teman-temannya sudah datang ke pameran.

"Kite sudah foto selfi Tank dan om Tentara kemarin, hari ini datang lagi mau naik perahu TNI,"kata kedua pelajar SMP yang bercita-cita ingin jadi prajurit TNI ini polos

Sebelumnya acara pameran Alutsista dibuka langsung oleh Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, bertempat di lapangan keras Kodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Kubu Raya, Kalbar, Jum'at (5/10/2018) sore

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Acmad Supriyadi mengatakan, pameran Alutsista TNI yang digelar merupakan bentuk komitmen TNI untuk terus memberikan informasi terkait setiap kegiatan dan hal-hal yang relevan untuk diketahui oleh masyarakat, termasuk perkembangan kemampuan Alutsista dalam batas-batas yang proporsional.

“Pameran Alutsista TNI ini, merupakan wujud pertanggungjawaban moral atas dukungan rakyat terhadap TNI,“ ujar Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

Selain itu, dikatakan Pangdam XII/Tpr, bahwa kegiatan pameran Alutsista TNI dapat membangkitkan kesadaran dan kebanggaan masyarakat, khususnya para generasi muda tentang arti penting profesionalisme prajurit sebagai aspek pertahanan bagi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan tema HUT ke-73 TNI yaitu “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Baca: Gol Bunuh Diri Buat Wakil Kalbar Kandas di Babak 16 Besar Liga Santri Nusantara

“Jadi, silahkan kepada para pengunjung, untuk menikmati fasilitas yang ada dan jangan ragu menanyakan segala hal terkait informasi tentang semua persenjataan yang dimiliki TNI,” tutur Pangdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr pun menyampaikan, pameran digelar selama tiga hari dimulai hari ini, tanggal 5 hingga 7 Oktober 2018 mendatang. Selain pameran Alutsista digelar juga berbagai event yang menarik dan dapat dinikmati oleh para pengunjung, diantaranya terdapat stand-stand dari berbagai kesatuan TNI, Pasar Murah, Lomba Sumpit, Lomba PBB antar Sekolah, Eksebisi Air Soft Gun serta Bakti Sosial berupa pengobatan massal, donor darah, operasi katarak dan melaksanakan operasi bibir sumbing, bahkan ada juga hiburan rakyat berupa nonton bareng film-film perjuangan dan pentas seni budaya, paparnya.

Seusai memberikan sambutan, Pangdam XII/Tpr menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dan pertandingan yang sudah dilaksanakan sebelum pelaksanaan upacara 5 Oktober 2018, baik berupa tropi bergilir dan tetap hingga memberikan uang pembinaan.

Kemudian para pengunjung disuguhkan kemahiran Prajurit TNI AL dari Satuan Marinir, berunjuk kebolehannya melalui Kolone Senapan dan dilanjutkan penampilan bela diri militer dari Prajurit Kodam XII/Tanjungpura.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved