Menyusuri Kampung Nelayan di Bumi Uncak Kapuas

Dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam dari Suhaid menggunakan speed, kita akan tiba di desa nelayan tersebut.

Menyusuri Kampung Nelayan di Bumi Uncak Kapuas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ BELLA
Suasana Kampung Nelayan di Dusun Tekenang, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu pada Kamis pagi (27/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kabupaten Kapuas Hulu, merupakan daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat, diantaranya di Desa Leboyan dan Semangit Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam dari Suhaid menggunakan speed, kita akan tiba di desa nelayan tersebut.

Saat speed tiba di kawasan dekat pemukiman warga, bau amis ikan seketika menyeruak, sangat khas, seolah kamu sudah akan bisa membayangkan bahwa ada banyak ikan disana.

Baca: Bukit Tekenang, Bukit Ditengah Danau Yang Bikin Kamu Selalu Terkenang

Baca: Kirab Budaya Diikuti Berbagai Etnis, Buktikan Pontianak Tempat Yang Rukun

Benar saja, saat mendekati rumah apung yang menjadi kediaman para nelayan, disana kamu akan melihat berbagai jenis ikan yang diasinkan dan dijemur.

Jenis ikan asin yang cukup familiar di pasar-pasar tradisional di Kalimantan Barat, ikan lais, ikan biawan, ikan baung, ikan toman dan berbagai jenis ikan sungai lainnya.

Jika pagi hari, ketika mentari baru menyapa hari, warga nelayan biasanya turun ke Sungai untuk mengambil ikan dari pukat, bubu dan berbagai perangkap ikan yang telah mereka pasang di Sungai.

Biasanya satu atau dua hari sebelumnya sudah mereka pasang.

Saat hari menjelang siang, mereka tiba di rumah dengan bawaan hingga setengah ton ikan.

Bang Usman, warga Dusun Semangit, bercerita, biasanya dua hari sekali para pengumpul ikan akan datang untuk mengambil ikan-ikan para nelayan.

Halaman
12
Penulis: Bella
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved