Rayakan Kulminasi, Genpi Pontianak Dikukuhkan

Pembentukan Genpi sendiri merupakan langkah pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata di tanah air.

Rayakan Kulminasi, Genpi Pontianak Dikukuhkan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NINA SORAYA
Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak melantik pengurus inti Generasi Pesona Indonesia Pontianak, di area Tugu Khatulistiwa, Minggu 23 September 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nina Soraya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak melantik pengurus inti Generasi Pesona Indonesia Pontianak, di area Tugu Khatulistiwa, Minggu 23 September 2018.

Pelantikan ini dilakukan setelah peristiwa kulminasi, dimana bayangan hilang di kawasan 0 derajat tersebut.

Baca: Satu Korban Tewas Sebelum Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta, Ini Identitasnya

Baca: Tonton Videonya, Inilah Puncak Peringatan Kulminasi di Tugu Khatulistiwa

"Dengan terbentuknya Genpi Pontianak ini diharapkan dapat memajukan pariwisata Kota Pontianak. Kekuatan Genpi adalah di bidang kreavitas, maka bisa menjadi salah satu kekuatan di bidang pariwisata," kata Syarif Saleh, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak.

Kota Pontianak sebagai gerbang pertama wisatawan yang akan menuju ke beberapa destinasi wisata di daerah, harus dapat memikat turis untuk menikmati spot-spot wisata yang ada. Pariwisata merupakan salah satu potensi dalam membangun perekonomian di suatu daerah.

Pembentukan Genpi sendiri merupakan langkah pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata di tanah air.

Pembangunan infrastruktur utama seperti bandara, penerbangan langsung dari Kota-Kota besar di dunia ke destinasi wisata, serta peningkatan layanan publik menjadi salah satu komponen pendukungnya.

"Di era digital ini, Genpi mempunyai peran yang sangat penting dalam mempromosikan tempat-tempat wisata di daerah melalui sosial media dan media alternatif lainnya," kata Eko Dony Prayudi, Ketua Genpi Kota Pontianak.

Saat ini sudah puluhan volunteer yang siap menjadikan ikon-ikon wisata Kota Pontianak viral sehingga diketahui banyak orang. "Posisi Kota Pontianak yang berdekatan dengan Malaysia dan Brunei Darussalam menjadi salah satu potensi yang harus digali," ujarnya.

Genpi Pontianak pun berkomitmen untuk membangun komunikasi aktif dengan para pegiat wisata dan ekonomi kreatif. Bukan tidak mungkin, akan terbangun Peta Jalan awal untuk membangun industri pariwisata di Kota Pontianak.

"Sudah banyak yang merintis kegiatan wisata swadaya masyarakat, namun terpublikasi secara luas. Genpi Pontianak akan melakukan pendataan terlebih dahulu, tentunya dengan arahan dari Pemerintah Kota Pontianak," tambahnya.

Selain Dony, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak juga mengukuhkan Ketua Harian Ega Tiara, Sekretaris Putri Apriyani dan Bendahara Nini Laras Wati.

Struktur organisasi Genpi Pontianak lainnya terdiri dari Ketua bidang Online Riza Pratiko, Ketua bidang Online konten kreatif Siti Mustiani, Ketua Hubungan Masyarakat Aseanty Pahlevi, Ketua Offline Caroline dan Ketua SDM Dwi Septiana Al Hinduan. (*)

Penulis: Nina Soraya
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved