OJK Kalimantan Barat: UMKM Terbukti Berhasil Bertahan Dari Terpaan Krisis Ekonomi

"Karena itu sektor UMKM sudah selayaknya harus terus dikembangkan dan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya

OJK Kalimantan Barat: UMKM Terbukti Berhasil Bertahan Dari Terpaan Krisis Ekonomi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Wali Kota Pontianak Sutarmidji, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Gebyar UMKM 2016. 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Perwakilan OJK Kalimantan Barat, Suhermanto, mengatakan sektor UMKM merupakan salah satu komponen perekonomian nasional yang mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Beberapa kali terjadi krisis ekonomi di Indonesia, UMKM terbukti mampu bertahan.

"Karena itu sektor UMKM sudah selayaknya harus terus dikembangkan dan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya, Selasa (18/9).

Baca: Walau Dukung Efisiensi Anggaran, Suriansyah Harap Gubernur Berikan Penjelasan Tak Keliru

Melihat besarnya potensi UMKM, Suhermanto menyatakan UMKM akan menjadi agenda besar OJK dalam membangun dan memperkuat stabilitas sistem keuangan nasional yang kontributif dan inklusif. Ia menyebut pentingnya membuka akses keuangan bagi UMKM.

"Kita juga perlu memberi perhatian kepada pengembangan usahanya dengan perluasan program pendampingan," katanya.

Terkait keberadaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Suhermanto mengatakan TPAKD dibentuk demi kepentingan percepatan akses keuangan daerah dalam mendorong perekonomian daerah. TPKAD merupakan forum koordinasi antara instansi dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan daerah demi mewujudkan masyarakat sejahtera.

"Perlu mendapatkan prioritas dan perhatian semua, dengan terbukanya akses keuangan, diharapkan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, partisipatif, dan inklusif. Keberhasilan program ini membutuhkan peran aktif semua," tuturnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved