Survei Penjualan Eceran Juli 2018 Meningkat

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan pada kelompok sandang, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta barang budaya dan rekreasi.

Survei Penjualan Eceran Juli 2018 Meningkat
TRIBUN FILE/IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Sentral Republik Indonesia melalui ​​Departemen Komunikasi merilis Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan penjualan eceran tumbuh meningkat pada Juli 2018. 

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tercatat sebesar 2,9 persen (yoy) pada Juli 2018, meningkat dibandingkan dengan 2,3 persen (yoy) pada Juni 2018. 

Baca: Kota Terkaya di Dunia, Penduduk Miskin Terpaksa Tinggal dalam Kamar Sekaligus Toilet

Berdasarkan kelompok komoditas, meningkatnya penjualan eceran terutama didorong kinerja penjualan kelompok komoditas Sandang dan kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh stabil pada Agustus 2018. Hal itu tercemin dari IPR yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,8 persen (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan 2,9 persen (yoy) pada Juli 2018. 

Baca: Pintu Masuk Wisatawan Mancanegara, HIPMI Sambas Lirik Peluang Usah di Sektor Wisata 

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan pada kelompok sandang, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta barang budaya dan rekreasi. 

Hasil survei mengindikasikan peningkatan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Oktober 2018). 

Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang menjadi sebesar 140,2 dibandingkan dengan 135,8 pada bulan sebelumnya.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Penjualan Eceran di website Bank Indonesia.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved