Penat Bisa Bikin Daya Serap Pelajaran Jadi Rendah, Vanessa Apresiasi Upaya Guru Cairkan Suasana

Monotonnya suasana belajar di kelas, menurutnya, jadi satu di antara penyebab utama hadirnya rasa bosan itu.

Penat Bisa Bikin Daya Serap Pelajaran Jadi Rendah, Vanessa Apresiasi Upaya Guru Cairkan Suasana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Siswi Kelas XI IPS 1 SMAN 3 Pontianak, Vanessa Patricia. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Merasa bosan saat belajar di kelas jamak dirasakan para pelajar. Tentu ada banyak hal yang bisa mendorong hal ini terjadi.

Setidaknya, hal ini pernah pula dirasakan Patricia Vanessa. "Tentu saja pernah (merasa bosan dan penat saat ikuti pelajaran di kelas)," ungkap siswi kelas XI IPS 1 SMAN 3 Pontianak ini, Sabtu (16/09/2018).

Baca: Bawaslu Mempawah Tegaskan Seluruh Peserta Pemilu Ikuti Aturan Main

Baca: Terkait Status Facebook Gubernur Kalbar, Ireng Maulana Sebutkan Hal Ini

Monotonnya suasana belajar di kelas, menurutnya, jadi satu di antara penyebab utama hadirnya rasa bosan itu.

Terutama apabila guru secara terus menerus memberikan materi pelajaran dengan metode yang sedikit kurang bisa dinikmati, sehingga terasa kurang nyaman.

Padahal, katanya, rasa jenuh saat jam pelajaran diakuinya bisa menjadi satu hal yang berimplikasi negatif. Satu di antaranya adalah tidak efektifnya day serap terhadap materi pelajaran yang diberikan.

"Apalagi di sekitaran tiga jam terakhir menjelang pulang. Karena saat itu, otak siswa dipaksa bekerja selama kurang lebih 8 sampai 9 jam setiap hari," sambungnya.

Ia menyadari potensi negatif itu. Karenanya, iapun secara pribadi kerap berinisiasi melakukan beberapa hal agar suasana kembali menyenangkan, sehingga lebih segar dalam belajar.

Selain itu, ia juga mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan guru-guru di sekolahnya agar proses belajar mengajar di kelas menjadi cair dan menyenangkan. Guru, katanya, kerap menerapkan metode-metode yang unik

Bahkan tak jarang guru mempertimbangkan masukan dari siswa peserta didik, terkait metode yang menyenangkan dalam penyampaian materi pelajaran. Seperti bermain teka teki silang, dan lain sebagainya.

"Biasanya, kalau di sekolah kami, khususnya di kelas saya, guru - guru lebih peduli dengan muridnya. Cara pembelajarannya terkadang siswa yang nentuin. selama hampir satu setengah tahun saya  di SMAN 3 Pontianak, sangat jarang sekali saya merasa penat," pungkasnya dara manis yang punya akun Instagram @vanespatricia itu. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help