Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar dari Kebosanan Belajar di Kelas

Hal ke dua yang siswa perlu perhatikan juga adalah harus ada upaya untuk melakukan relaksasi ringan saat berada di kelas

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar dari Kebosanan Belajar di Kelas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Pengamat Pendidikan sekaligus akademisi IKIP PGRI Pontianak, Tri Mega Ralasari 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bosan saat belajar di kelas, agaknya menjadi sebuah kepastian yang 'mungkin' pernah dirasakan semua pelajar. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan agar hal ini tak berikan dampak negatif bagi siswa dalam serap materi pelajaran?.

Pengamat pendidikan yang juga akademisi IKIP PGRI Pontianak, Tri Mega Ralasari, mengungkapkan beberapa hal-hal yang penting diperhatikan oleh siswa. Terutama agar bisa menghindari situasi kebosanan tersebut.

Baca: Tipologi Kebosanan Saat Belajar di Kelas dan Dampak Buruknya Bagi Siswa

Baca: Cara Unik Naomi Hadapi Bosan Saat Belajar di Kelas yang Hambat Daya Serap Materi Pelajaran

"Pertama, cukupkan istirahat dan pola makan yang sesuai dengan aktifitas harian siswa. Terlalu banyak tidur dan makan yang berlebihan juga tidak baik, jadi sesuai porsinya saja," ujarnya, Minggu (16/09/2018).

Hal ke dua yang siswa perlu perhatikan juga adalah harus ada upaya untuk melakukan relaksasi ringan saat berada di kelas saat pergantian jam pelajaran. Misalnya, dengan meregangkan otot-otot tangan dan kepala dan sebagainya.

"Saya rasa kalau untuk hal ini sudah banyak tutorialnya di youtube. Bagaimana cara merelaksasinya dan sebagainya," sambungnya.

Selanjutnya, banyakin minum air putih juga ya guys. Ini penting agar tetap bisa fokus dalam menerima pelajaran.

Bukannya tanpa sebab loh. Katanya, sudah banyak penelitian menyebutkan bahwa air putih mampu meningkatkan asupan oksigen dalam otak, sehingga tetap mudah berkonsentrasi dalam menerima informasi.

Ke empat, jangan lupa untuk beribadah. Sebab, ibadah ini melatih tubuh untuk disiplin dalam beraktifitas.

Sehingga tidak ada rasa malas yang sempat menghinggap. Dengan kata lain, maksimalkan waktu istirahat yang sudah diporsikan oleh sekolah.

"Terakhir mungkin ini lebih diperuntukkan bagi guru, untuk selalu jeli dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran yang PAIKEM. Alias pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, empatik, dan menyenangkan bagi siswa," pungkasnya. (hak)

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help