Pileg 2019

Agoes Soesanto: Sumbangan Kampanye Melebihi Ketentuan akan Diserahkan ke Kas Negara

Agoes memaparkan bahwa ada 3 jenis sumbangan dana untuk laporan dana kampanye laporan partai politik.

Agoes Soesanto: Sumbangan Kampanye Melebihi Ketentuan akan Diserahkan ke Kas Negara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FERRYANTO
Suasana Bimtek di Wisma Candramidi Mempawah, Sabtu (15/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - KPU Mempawah menggelar Bimbingan Teknis Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu 2019, bersama Partai Politik di Tingkat Kabupaten Mempawah di Wisma Candramidi Mempawah, Sabtu (15/9/2018).

Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua Bawaslu Mempawah dan seluruh perwakilan pawartai Politik peserta Pemilu 2019 mendatang.

Pada kegiatan ini, Ketua KPU Mempawah M. Agoes Soesanto mengatakan bahwa Tiap Partai Peserta Pemilu Wajib menyerahkan laporan dana pemilu, dan akan membatalkan partai menjadi peserta bilamana tak menyerahkan laporan dana pemilu.

Baca: Terdapat Coretan di Halte Bus Dekat Bundaran Untan, Merusak Pemandangan

Baca: Yusniarsyah Hadiri Saprahan Seperantauan di Kediaman OSO di Jakarta

Selain itu, dalam kegiatan ini Agoes memaparkan bahwa ada 3 jenis sumbangan dana untuk laporan dana kampanye laporan partai politik.

"Kalau berkaitan untuk sumbangan kampanye ada 3, yang pertama yang asalnya dari partai politik, kemudian dari calon anggota nya, kemudian ada sumbangan yang sah secara hukum dari pihak lain,"tuturnya.

Kemudian, Agoes menekankan, bahwa ASN, TNI Polri, BUMN, dan yang berbagai perusahaan atau instansi milik pemerintahan tidak diperbolehkan untuk memberikan sumbangan kepada partai politik.

"Untuk sumbangan perseorangan yang sah menurut hukum dari pihak lain, maka perorangan di batasi Rp2,5 miliar, dan kalau untuk sumbangan dari kelompok, atau misalnya dari perusahaan non pemerintah, itu sampai 25 Milyar,"ungkapnya.

"Jadi konsekuensinya kalau mereka menerima sumbangan lebih dari jumlah yang telah di tetapkan oleh PKPU sendiri, maka sumbangan wajib tidak boleh di gunakan oleh partai politik, dan sumbangan itu akan di serahkan ke Kas Negara 14 hari setelah Masa Pemilu berakhir,"pungkasnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help