Pelayanan Semakin Praktis Dengan Rujukan Online, JKN-KIS Memang Juara Jaminan Kesehatan

ia menghabiskan masa pensiunnya berkebun di kampung halaman dan berkumpul bersama sanak keluarga

Pelayanan Semakin Praktis Dengan Rujukan Online, JKN-KIS Memang Juara Jaminan Kesehatan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Samad Sahari 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Samad Sahari (59) pria paruh baya asal dari Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat adalah pensiun Pegawai Negeri Sipil sejak tahun 2015 lalu, saat ini ia menghabiskan masa pensiunnya berkebun di kampung halaman dan berkumpul bersama sanak keluarga .

Hari ini, Jum’at (14/09) Samad sapaan akrabnya melakukan pemeriksaan di Klinik Mata & THT Ayani Pontianak, ia mengaku sedikit mengalami keluhan di mata, ada selaput halus di mata yang sedikit mengganggu penglihatannya.

Saat diwawancarai oleh tim Jamkesnews Samad pun menceritakan pengalaman terbarunya saat sekitar seminggu lalu ia berkunjung  ke Puskesmas Teluk Melano Kabupaten Kayong Utara, untuk melakukan pemeriksaan mata, sesampai di sana dokter memberikan rujukan untuk dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis, kemudian dokter merujuknya ke Klinik Mata dan THT Ayani di Pontianak.

Baca: Ternyata Daftar WhatsApp Bisa Tanpa Pakai Nomor HP, Begini Caranya!

Tidak seperti sebelumnya, ada beberapa berkas yang harus dibawanya, kini cukup dengan menunjukan nomor rujukan yang didapatnya dari puskesmas dirinya dapat langsung mendapatkan layanan ke dokter spesialis mata di klinik Mata & THT Ayani Pontianak.

Menurut Samad hal ini kemajuan dalam dunia pelayanan kesehatan, semakin praktis, dirinya mengaku pelayanan di Klinik Mata & THT Ayani pun sangat cepat dan tidak menyulitkan pasien.

“Tidak perlu mengantri berjam-jam seperti yang pernah saya dengar dulu, kalau pakai asuransi BPJS Kesehatan antrinya lama, tidak demikian yang saya alami pelayanan baik dan pasien tidak menunggu lama, setidaknya rujukan online ini sangat menguntungkan waktu si pasien. Berbicara asuransi kesehatan saat ini JKN-KIS juaranya,” ujar Samad.

Saat ini BPJS Kesehatan sedang menerapkan sistem rujukan online dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bertujuan untuk memberi kemudahan dan kepastian bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan rujukan.

Baca: Tiba di Bumi Senentang, 141 Jemaah Haji Disambut Pemkab Sintang dan Keluarga 

Banyak keuntungan bagi peserta dengan penerapan sistem rujukan online berjenjang ini. Pertama, dengan sisten rujukan onlinepeserta JKN-KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan karena informasi rujukan peserta sudah terekam dalam sistem online, baik di FKTP maupun di rumah sakit.

Hanya dengan menunjukan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya dirujuk. 

Kedua,  data peserta sudah tercatat di database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN-KIS pun menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di-input ulang pada saat pendaftaran, termasuk data diagnosa penyakit yang diderita peserta.

Selain itu, peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved