RSB Jeumpa Jadi RS Pertama di Kalbar Yang Terapkan Sistem e-Klaim

Rumah Sakit Bersalin Jeumpa terletak di Kota Pontianak tepatnya di Jalan Sultan Abdurrahman Nomor 54 Pontianak.

RSB Jeumpa Jadi RS Pertama di Kalbar Yang Terapkan Sistem e-Klaim
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional RSB Jeumpa Irda Pasdiyantika 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Rumah Sakit Bersalin Jeumpa terletak di Kota Pontianak tepatnya di Jalan Sultan Abdurrahman Nomor 54 Pontianak.

Berdiri sejak tahun 2008 dan mulai menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Pontianak sejak 1 Februari 2015 silam.

Meski terhitung belum terlalu lama beroperasional namun manajemen RSB Jeumpa senantiasa berupaya mengikuti perkembangan teknologi.

Baca: Persyaratan Daftar CPNS, Ini Penjelasan BKPSDM Kapuas Hulu

Sejak tahun 2015 RSB Jeumpa sudah menggunakan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit).

Dengan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang baik, maka sangat memudahkan setiap proses pelayanan dan monitoring di rumah sakit.

Kepala Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional RSB Jeumpa Irda Pasdiyantika, memberikan sharing terkait inovasi dari RSB Jeumpa pada saat pertemuan koordinasi dengan 20 Manajemen Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Juma’at (07/09) di Pontianak.

Menurut Irda penggunaan SIMRS sangat membantu rumah sakitnya dalam melayani peserta apalagi peserta yang berkunjung saat ini semakin meningkat.

Tidak mungkin kita bisa mengelola secara manual terus-menerus, melalui sistem yang terintegrasi dengan berbagai layanan mulai dari pelayanan mulai registrasi, diagnosa peserta, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian, proses akuntansi, dan lain-lain dapat dilakukan dengan SIMRS.

“Sejak BPJS Kesehatan menerapkan sistem Verifikasi Digital Klaim (Vedika), RSB Jeumpa sudah terlebih dahulu mengajukan untuk dilakukan Integrasi (Bridging) aplikasi antara SIMRS nya dengan sistem yang ada di BPJS Kesehatan yaitu sistem Virtual Claim (V-Claim). Bridging Aplikasi tersebut membuat proses pelayanan mulai dari registrasi sampai pengajuan klaim ke BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat,” papar Irda.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Ansharuddin menambahkan, bahwa era digitalisas saat ini memang mulai diterapkan di masyarakat, program paperless mau tidak mau harus diikuti dan disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari.

Apalagi di sebuah organisasi, tidak terkecuali BPJS Kesehatan.

Sistem rujukan online dan vedika, sudah diterapkan menyongsong era digitalisas di masa depan jika diterapkan dalam dunia kesehatan sistem digitalisasi akan membawa perubahan yang semakin baik.

“Sebagai contoh RSB Jeumpa, saat ini  rumah sakit Jeumpa telah menerapkan pengajuan elektonik klaim untuk semua klaim yang diajukan secara elektronik ke BPJS Kesehatan, dengan sistem yang telah diintegrasikan ini akan memudahkan RSB Jeumpa dalam melaksanakan administrasi pengajuan klaim, jika dahulu semua berkas klaim harus di bawa ke BPJS Kesehatan, saat ini cukup mengirimkan konfirmasi online semua berkas sudah dapat diakses secara lengkap di Aplikasi yang telah terintegrasi,” ujar Anshar.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help