Nurdin: Kirab Satu Negeri GP Ansor Kalbar Dimulai dari Ketapang

Di sana nanti kita akan adakan dialog kebangsaan dan pentad seni. Malamnya kita akan gelar khataman Alquran

Nurdin: Kirab Satu Negeri GP Ansor Kalbar Dimulai dari Ketapang
TRIBUN PONTIANAK / RIDHO PANJI PRADANA
Ketua PW GP Ansor Kalbar, Muhammad Nurdin 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar Kirab Satu Negeri bertema Bela Agama Bela Negeri. Acara ini dimulai dari lima titik daerah terluar di Indonesia, yakni Sabang, Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Rote, dan Merauke, pada 16 September sampai 26 Oktober 2018. Sebanyak 1.945 peserta kirab akan dilepas dari lima titik tersebut, Minggu (16/9/2018).

Rangkaian Kirab Satu Negeri juga akan dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia. Di Kalbar kirab dilaksanakan pada 6-14 Oktober 2018.

Baca: The Predator Kini Telah Kembali dan Semakin Ganas

"Rute Kirab Satu Negeri di Kalimantan Barat startnya dari Kabupaten Ketapang terus ke Sanggau, Landak, Bengkayang, Sambas, Singkawang, Mempawah, Pontianak, dan finishnya di Kubu Raya," ujar Ketua PW GP Ansor Kalbar, Muhammad Nurdin di Pontianak, Kamis (13/9/2018) kemarin.

Kirab Satu Negeri bertujuan memperkokoh konsensus kebangsaan di tengah berbagai kemelut dan ancaman yang dihadapi Indonesia saat ini.

Selain itu, juga untuk menguatkan fungsi agama sebagai rahmat, compassion, dan sumber perdamaian.

Nurdin mengatakan, serah terima Kirab Satu Negeri akan dilaksanakan di Tayap, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Sabtu (6/10/2018).

Keesokan harinya, sambung dia, peserta kirab melanjutkan perjalan menunju Kabupaten Landak.

"Di sana nanti kita akan adakan dialog kebangsaan dan pentad seni. Malamnya kita akan gelar khataman Alquran," ucap Nurdin.

Baca: Kubu Raya Menuju Smart City, Pemkab Mulai Menyusun Masterplan

Di setiap daerah yang akan disinggahi peserta kirab yang merupakan anggota dan pengurus GP Ansor baik provinsi maupun kabupaten/kota, akan dilakasanakan berbagai kegiatan.

"Termasuk kegiatan sosial dan wisata religi. Di Singkawang dan Mempawah nanti ada kegiatan menanam mangrove. Kita akan wisata religi ke Makam Opu Daeng Manambon dan Habib Husein di Mempawah. Di Pontianak kita ke Makam Sultan Syarif Abdurrahman," ungkapnya.

Kirab Satu Negeri ini direncanakan berakhir di Kota Yogyakarta pada 26 Oktober 2018. Pada acara puncak ini bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu di Yogyakarta, sebelumnya akan disenggarakan juga Global Unity Forum (GUF) II yang akan menghadirkan berbagai tokoh agama dan perdamaian dari dalam dan luar negeri. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved