Kapolda Kalbar Pastikan Tindak Tegas Pelaku Penjualan Satwa Dilindungi

Kapolda Kalbar irjen Pol Didi Haryono pastikan akan tindak tegas pelaku kasus penjualan satwa endemik yang di lindungi UU Konservasi.

Kapolda Kalbar Pastikan Tindak Tegas Pelaku Penjualan Satwa Dilindungi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Barang bukti berupa 4 ekor Kucing kuwuk (Prionailurus bengalensis) yang diamankan oleh anggota Polda Kalbar dari tangan pelaku penjual satwa liar dengan inisial YS (40). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kapolda Kalbar irjen Pol Didi Haryono pastikan akan tindak tegas pelaku kasus penjualan satwa endemik yang di lindungi UU Konservasi.

"Saya menegaskan tidak main-main dengan kasus penjualan satwa yang dilindungi UU konservasi. Apalagi, setiap tahunya, satwa endemik asal Kalimantan Barat selalu mengalami penyusutan."katanya pada Jumat (14/9)

Lanjutnya," Untuk itulah, diperlukan kampanye bersama di tengah masyarakat sebagai langkah upaya pencegahan. Bukti nyata kampanye diperlukan adalah, masyarakat menjadi tahu apa itu satwa yang dilindungi UU. Tujuannya jelas, guna meminimalisir kasus penjualan satwa,"tuturnya.

Baca: Membuat STNK Pengganti, Berikut Prosedur nya

Lebih lanjut, Sebab, satwa liar berada di habitatnya di alam liar. Bukan diperjualbelikan atau memelihara. Kalau sayang binatang, bukan memelihara, tapi dilestarikan.

“Kita kawal penegakkan hukum terhadap satwa liar dilindungi ini, kita lakukan tetap bersinergis bersama pihak Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPHLHK), Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (BKSDAE), Dinas karantina, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bea cukai serta Pemerintah Daerah, “pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help