Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Persahabatan di Sekolah Bawa Dampak Positif

Penting adanya dorongan baik semangat, maupun saling mengajar antara sahabat dan tidak saling menjerumuskan ke hal yang negatif

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Persahabatan di Sekolah Bawa Dampak Positif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Founder Komunitas Pembelajar Psikologi Pontianak, Ridho Hudayana. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sahabat baik di sekolah bisa punya peran besar dalam membentuk perkembangan seorang siswa. Baik dalam aspek positif seperti peningkatan prestasi akademik, bahkan dalam berikan pengaruh negatif.

Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar persahabatan yang di bangun di sekolah bisa beri dampak positif. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua Pembelajar Psikologi Pontianak, Ridho Hudayana, Rabu (12/09/2018).

Baca: Sahabat Baik di Sekolah, Bisa Beri Pengaruh Besar Loh

Baca: Expo 2018 SMK Amaliyah Sekadau Ajang Promosi Produk Siswa

"Pola yang interaksi yang bisa diterapkan dalam persahabatan tentunya harus sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Sesuai dengan prinsip yang dianut dalam agama, juga tata aturan yang telah diatur oleh negara, serta pola persahabatan yang saling mendukung dalam berprestasi dalam pelajaran maupun hobi yang positif," ujarnya.

Hal inipun menurutnya juga berlaku dalam konteks akademis.

Penting adanya dorongan baik semangat, maupun saling mengajar antara sahabat dan tidak saling menjerumuskan ke hal yang negatif seperti saling memberikan contekkan antar sahabat dan sebagainya.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam persahabatan adalah adanya rasa percaya antar sahabat. Saling membantu dalam hal yang positif dan selalu saling mengingatkan ketika satu di antaranya melakukan hal yang mengarah pada hal negatif.

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved