Tekanan Kerja Bikin Gampang Emosi, Begini Cara Menghadapinya

Saat dihadapkan dengan berbagai tugas yang bertubi-tubi, terkadang kita menjadi gampang emosi.

Tekanan Kerja Bikin Gampang Emosi, Begini Cara Menghadapinya
NET
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Saat dihadapkan dengan berbagai tugas yang bertubi-tubi, terkadang kita menjadi gampang emosi.

Rasa lelah, jenuh dan tertekan kadang membuat kita semakin mudah marah dan oecah emosi.

Hal tersebut wajar, asalkan masih dalam kontrol, sadar dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Sama seperti pekerjaan yang menumpuk, mau tidak mau harus segera kita selesaikan m, begitu juga emosi, harus dapat kita kendalikan.

Bagaimana cara mengendalikannya, yuk simak ulasan dari psikolog rubrik Hangout Rika Indarti berikut ini.

Pertanyaan :
Bun, gimana ya caranya mengendalikan emosi atau sifat temperament? Saya akhir-akhir ini merasa gampang emosi, apalagi jika disibukkan oleh berbagai hal dalam waktu yang bersamaan
Satria (26), Jeruju

Jawaban :
Salam Satria, pencetus "ekspresi emosi" pada diri setiap orang memang berbeda-beda dan hal tersebut manusiawi selama masih bisa dikendalikan atau tidak membawa pengaruh buruk pada diri sendiri dan orang lain. Tuntutan keadaan bisa membuat seseorang semakin tidak mampu mengendalikan emosinya. Untuk mengendalikan emosi, sebaiknya kita harus mengenali apa saja yg menjadi pencetus emosi bagi diri sendiri. Karena setiap orang akan berbeda dan seharusnya kitalah yang paling kenal dengan diri kita. Bila kita sudah mengetahui apa yang menjadi pencetusnya dan merasakan apa akibatnya bila emosi kita menjadi tidak terkendali, maka sebaiknya kita lakukanlah persiapan untuk menghadapinya, bukan untuk menghindari. Pada kasus anda, yang perlu dilakukan lakukanlah perencanaan tugas berdasarkan prioritas, sehingga tidak harus dua atau lebih tugas dikerjakan dalam 1 waktu. Selain itu, bila dalam kondisi terpaksa berada dalam situasi seperti itu, tetap kendalikan diri anda, libatkan rekan kerja untuk membantu, berikan tugas dan perintah yang jelas. Sehingga tidak semua menjadi beban anda. Selain itu untuk mendukung pengendalian diri, anda juga sebaiknya berolahraga dan istirahat yang cukup, sehingga dapat tampil fresh kembali menghadapi beban tugas atau pekerjaan yang menumpuk.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved