Jelang Hari Raya Idul Adha, Ponpes Nurul Jadid Datangkan Hewan Kurban dari Madura

Nantinya menurut dia hasil dari penjualan hewan kurban ini juga akan digunakan untuk pembangunan ponpes dan kegiatan sosial lainnya.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Ponpes Nurul Jadid Datangkan Hewan Kurban dari Madura
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunpontianak,  Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Jelang hari raya Idul Adha, Ketua Yayasan Mahas Nurul Jadid, Hefni maulana gencar mengajak masyarakat untuk melaksanakan qurban untuk meneladani sunnahnya nabi Ibrahim As.

Bahkan Pondok Pesantren yang berada Jl. Raya kumpai Desa Sungai Ambangah, Kubu Raya ini mendatangkan hewan Kurban dari luar Kalimantan.

Baca: Persiapan Rapat Pleno Penetapan Bupati Dan Wabup Sanggau Terpilih

Baca: Makanan Ini Dilarang Dijual di Banyak Negara, Syahrini Malah Lahap Menyantapnya

"Menyambut Hadi raya idul adha kami sedang dengan mendatangkan Hewan Qurban sapi dan kambing dari pulau Madura agar masyarakat dapat dengan mudah melaksanakan sunnah berqurban dengan mudah dan murah," ujarnya.

Diakuinya kegiatan serupa sudah berjalan selama kurang lebih 5 tahun belakangan ini.

Nantinya menurut dia hasil dari penjualan hewan kurban ini juga akan digunakan untuk pembangunan ponpes dan kegiatan sosial lainnya.

"Hasil keuntungan dari penjualan ini juga untuk pembangunan pesantren serta masjid-masjid di pedalaman kubu raya. Disamping itu juga untuk membantu ekonomi para dhuafa dan janda-janda tua dalam bentuk bingkisan yang di serahkan sebanyak 2 kali dalam setahun," ungkapnya.

Bagi masyarakat yang ingin berkurban dan kesulitan mencari hewan kurban ia mengatakan untuk tidak sungkan langsung ke ponpes Nurul Jadid. Sementara untuk yang berada di kota Pontianak pihaknya juga menyediakan tempat yang akan menyediakan hewan kurban.

"Kami juga sudah menyiapkan 3 lokasi di kota pontianak, yaitu jl. Panglima aim, Jl. Gusti Hamzah dan Pal 3 untuk lebih memudahkan jarak tempuh masyarakat kota pontianak. Mulai hari sabtu kemarin kambing sudah di sebarkan di 3 lokasi tersebut, untuk wilayah kubu raya kami fokus di pesantren," tuturnya

Ia berharap kegiatan ini juga menjadi contoh bagi ponpes lainnya baik di Kubu Raya maupun di daerah lain.

"Tujuannya juga agar lembaga-lembaga pesantren bisa mandiri dengan memiliki usaha sendiri agar tidak bergantung kepada pemerintah," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help