Cegah Abrasi, Puluhan Raider kembali Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Mempawah

Komunitas Khambek70 ini sendiri, menurut informasi yang Tribun terima, telah ikut berkontribusi dalam penanaman Mangrove

Cegah Abrasi,  Puluhan Raider kembali Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Mempawah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Suasana Penanaman Mangrove di Cinta Mangrove Park, Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh. Minggu (13/08/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,MEMPAWAH- minggu (12/08/2018) pagi kemarin, puluhan orang yang peduli akan lingkungan memadati kawasan Ekowisata Cinta Mempawah Mangrove Park.

Kedatangan puluhan orang ini bukan hanya sekoyong - koyong datang, namun kedatangan mereka dalam rangka menanam bibit mangrove di kawasan Ekowisata ini.

Baca: Perkuat Timnas, Dina Siap di Posisi Striker dan Midfielder

Baca: Off-Roader Muda dan Cantik Ini Turut Latihan Bersama di Mempawah

PLN Rayon Kalimantan Barat, bekerjasama dengan Khambec70 lah (Khatulistiwa Honda Bebek 70) yang rupanya melakukan kegiatan penanaman ribuan mangrove di Ekowisata Cinta Mangrove Park, Desa Sungai Bakau Besar Laut, kec sungai pinyuh.

Komunitas Khambek70 ini sendiri, menurut informasi yang Tribun terima, telah ikut berkontribusi dalam penanaman Mangrove di Kabupaten Mempawah sejak 2013 silam.

Selain puluhan raider Khambek70, kegiatan penanaman Mangrove inipun turut di hadiri oleh anggota dari berbagai komunitas motor dan komunitas pecinta lingkungan yang ada di kabupaten Mempawah dan sekitarnya.

"Kegiatan ini adalah kerjasama antara PLN Rayon Kalimantan Barat, dengan Khambec70, untuk melakukan kegiatan penanaman mangrove ini, sementara Mempawah Mangrove Conservation hanya sebagai pendamping kegiatan di lapangan saja,"ujar Fajar Azansyah, Ketua Mempawah Mangrove Concervation sekaligus Kasi Pariwisata Dinas Pendidikan, Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Mempawah.

Fajar mengatakan bahwa Di rencanakan pada tahun ini, pihak BUMN, melalui Program BUMN Peduli akan menanam 10.000 bibit Mangrove di kawasan pesisir Mempawah yang dinilai rawan akan abrasi.

Di tahun 2017 sendiri, Program serupa telah di laksanakan, dan pihak terkait telah juga menanam puluhan ribu bibit mangrove di kawasan pesisir Mempawah.

"Ini lanjutan Program BUMN Hadir Untuk Negeri yg telah dilaksanakan pada Tahun 2017 lalu.
Tahun ini kembali menanam sebanyak 10.000 pohon di Desa Sungai Bakau Besar Laut, kec sungai pinyuh,"tutur nya.

"Kegiatan tadi diawali dengan penyerahan bibit secara simbolis dari PLN ke khambec70, dilanjutkan penanaman tahap awal sebanyak 2500 pohon dan Selesai sekitar jam 11 siang," imbuhnya.

Selanjutnya, Fajar mengatakan bahwa Kedepan, PLN Rayon Kalbar akan kembali bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sui. Bakau Besar Laut dalam peningkatan sarana pendukung Ekowisata Cinta Mangrove Park.

Fajar berharap bahwa bila semakin banyak pihak ketiga yang ikut dalam mengembangkan wisata berbasis masyarakat, maka hal itu akan semakin baik.

"Karena untuk memgembangkan pariwisata, tidak dapat berjalan sendiri, harus ada kerjasama antara banyak pihak, pemerintah, pihak ketiga, masyarakat,bserta media massa," harap Fajar.

Iapun berharap bibit - bibit yang telah di tanam ini mampu hidup hingga dewasa, dan menjadi pelindung di kawasan Desa Sungai Bakau Besar Laut.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help