Pertamina dan JPN Gelar Serah Terima Unit Pembenihan Rakyat

Supervisor HSE PT. Pertamina TBBM Pontianak Iyun Ferdian mengatakan, jika bantuan CSR yang kedua ini bukan hanya pemberian bantuan bibit benih

Pertamina dan JPN Gelar Serah Terima Unit Pembenihan Rakyat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Acara Seremonial Serah Terima Unit Pembenihan Rakyat, Hasil kerjasama PT. Pertamina (Persero) dengan Jejak Pesisir Nusantara, terhadap Kelompok Warga Gg. kuini 1 berjaya, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PT. Pertamina (Persero) TBBM Pontianak bekerjasama dengan Jejak Pesisir Nusantara (JPN) menggelar acara Seremonial dan Serah Terima Unit Pembenihan Rakyat, di Jln. Komyos Soedarso Gg. Kuini 1 Pontianak Barat, Jumat (10/8/2018).

Acara tersebut adalah bentuk program ke-2 dari PT. Pertamina Persero TBBM Pontianak (Corporate Social Responsibility), setelah sebelumnya tahun lalu juga telah memberikan bantuan usaha yang sama pada warga Gg. Kuini 1 Pontianak Barat.

Baca: BKAD Ketapang Gelar Rapat Teknis Rencana Penyusunan RA SKPD Tahun 2019

Baca: ‎BREAKING NEWS: Mayat Laki-laki Ditemukan Tak bernyawa di Hotel Jalan 28 Oktober

Gg. Kuini 1 sendiri dipilih untuk kedua kalinya dalam program Corporate Social Responsibility Pertamina dikarenakan, memang berdekatan dengan Unit pusat TBBM Pontianak, dan sudah melalui Social Mapping oleh CSR.

Supervisor HSE PT. Pertamina TBBM Pontianak Iyun Ferdian mengatakan, jika bantuan CSR yang kedua ini bukan hanya pemberian bantuan bibit benih dan pemberian pakan budidaya ikan seperti tahun sebelumnya, tetapi juga akan diadakan pelatihan terhadap kelompok warga.

"Sebelumnya kita sudah melakukan pemetaan terlebih dahulu dan setelah berunding bersama JPN, memang warga disini yang paling pas untuk diajak koordinasi. Untuk tahun lalu itu kita bentuk 2 kelompok warga dan tahun ini terpilih 1 kelompok warga yang diharapkan bisa memanfaatkan bantuan ini," ujar Iyun saat diwawancarai di lokasi.

Dari adanya program bantuan dari Pertamina TBBM Pontianak ini, selaku ketua kelompok warga Kuini 1 berjaya Nasrun mengucapkan rasa syukur atas bantuan tersebut, dan berharap setelah dibentuknya kelompok ini bisa, memberikan tambahan penghasilan buat para anggota yang sebagian besar pekerjaannya nelayan dan buruh kasar.

"Yang pasti bersyukur ya dengan adanya bantuan dari Pertamina, dan harapan kedepan nya bantuan ini bisa di manfaatkan oleh para anggota kelompok untuk menambah penghasilan mereka," kata Nasrun.

Bantuan yang diberikan oleh PT. Pertamina Persero yang dikoordinasi oleh JPN sebagai lembaga dilapangan memberikan bibit benih ikan Nila yang diharapkan dapat dibudidayakan oleh para Kelompok kerja,

Direktur Jejak Pesisir Nusantara Yuan Adhi Negara berencana setelah berhasil membudidayakan Ikan JPN akan membuat taman bacaan terapung untuk program selanjutnya.

"Untuk saat ini kita masih mencoba membudidayakan Ikan, mungkin setelah ini berhasil kita berencana akan membuat taman baca terapung untuk di lokasi ini," ucap Yuan.

Hal tersebut juga ditambahkan oleh Pembina Jejak Pesisir Nusantara Achis Martua Siregar, menurutnya pembinaan terus dilakukan oleh JPN, dan berharap kelompok warga agar bisa mandiri dalam pengerjaannya.

"Pembinaan terhadap kelompok masyarakat penerima bantuan, akan tetap dilakukan oleh Lembaga Jejak Pesisir Nusantara, dan diharapkan ke depannya bisa para warga dapat mandiri dalam hal pengelolaan budidaya ikan Nila," tutup Achis.

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help