BPBD Ketapang Bentuk Kelompok Masyarakat Peduli Bencana

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Ketapang, Maryadi Asmuie melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaannya, Sumiransyah.

BPBD Ketapang Bentuk Kelompok Masyarakat Peduli Bencana
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
BPBD Ketapang membentuk Pokmas PB di Desa Tanjungpura Kecamatan Muara Pawan, Rabu (8/8). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang mengalakkan upaya antisipasi dan penanggulangan bencana. Satu di antara caranya yakni membentuk kelompok masyarakat (Pokmas) Peduli Bencana (PB) di desa-desa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Ketapang, Maryadi Asmuie melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaannya, Sumiransyah.

Sumiransyah mengungkapkan belum lama ini pada 2018 pihaknya sudah membentuk Pokmas PB.

Di antaranya di Desa Tanjungpura dan Desa Mayak Kecamatan Muara Pawan. “Pokmas di dua desa itu sudah kita bentuk pada tanggal 7 dan 8 Agustus lalu,” kata Sumiransyah kepada awak media di Ketapang, Jumat (10/8/2018).

Baca: Persib Torehkan Catatan Buruk Saat Lawan Mitra Kukar, Termasuk Gagal Menang Beruntun

Ia mengungkapkan pada April 2018 lalu pihaknya juga sudah ada membentuk Pokmas PB di beberapa desa lain. Di antaranya Desa Laman Satong dan Desa Tanjung Baik Budi Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU).

Pokmas PB juga dibentuk di Desa Tempurukan, Ulak Medang dan Tanjung Pasar Kecamatan Muara Pawan pada 2018 ini. Pada saat pembentukan warga yang tergabung dalam Pokmas PB diberi pelatihan secara teori maupun praktek lapangan.

Materi yang diberikan utamanya mengenai bagaimana mencegah dan mengatasi bencana seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Direncanakan sampai tahun 2021 telah terbentuk 45 Pokmas PB di Ketapang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan desa yang dibentuk Pokmas PB terutama daerah rawan bencana. “Pokmas PB ini sesuai di antara maksud visi dan misi bupati dan wakil Bupati Ketapang yang bertujuan untuk menjaga lingkungan tetap terjaga dan masyarakat sejahtera,” ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Subandi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help