Pileg 2019

KPU Kota Pontianak Telah Lakukan Tiga Kali Verifikasi Berkas Bacaleg

Komisioner KPU Kota Pontianak Abdul Latif mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi tahap ketiga terhadap berkas

KPU Kota Pontianak Telah Lakukan Tiga Kali Verifikasi Berkas Bacaleg
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Dua Komisioner KPU Kota Pontianak tengah melakukan Verifikasi terhadap berkas bacaleg Kota Pontianak, Kamis (9/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisioner KPU Kota Pontianak Abdul Latif mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi tahap ketiga terhadap berkas bacaleg DPRD Kota Pontianak.

"Hari ini kita masih verifikasi berkas, besok kita akan pleno untuk memanggil para LO masing-masing partai politik untuk menyampaikan hasil telaah berkas yang telah kami lakukan," ujarnya kepada Tribun, Kamis (9/8/2018).

Baca: Gelar Seminar Nasional Kebangsaan, Direktur RRI Tegaskan Indonesia Negara Besar dan Hebat

Ia mengatakan pada pleno bersama dengan LO besok, pihaknya juga akan memastikan seluruh nama-nama bacaleg berikut nomor urut sebelum KPU mencetak sebagai DCS.

Latif mengatakan hal tersebut penting dilakukan sebelum pengumuman DCS Kota Pontianak diseluruh daerah pemilihan.

"Hasil dari kajian yang dilakukan terhadap berkas bacaleg, tidak ada ditemukan hal yang secara prinsip yang keliru kecuali hal yang bersifat administratif," ujarnya.

Kekeliruan yang bersifat administratif seperti kesalahan penulisan nama antara di KTP dan yang tertulis didalam beberapa berkas lampiran yang diserahkan oleh bacaleg tertentu.

"Setelah dipastikan mana nama yang benar, kami minta yang bersangkutan untuk membuat surat pernyataan perbaikan yang ditanda tangani dengan materai," ujarnya.

Hal tersebut sebagai bukti telah dilakukan perbaikan berkas secara administratif.

"Kami juga memastikan lampiran berkas, dokumen yang ada sesuai dengan BB1 maupun BB2 sudah sesuai dengan perlengkapan Administratif lainya sebagai syarat terpenuhinya sebagai calon legisltatif," pungkasnya

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help