Berkembang Pesat di Asia Tenggara, Sudah Saatnya E-Sport Dikembangkan di Kalbar

Basis pemain yang banyak inilah yang menurutnya mungkin menjadi alasan kenapa Mobile Legend dijadikan ajang perlombaan se Asia Tenggara.

Berkembang Pesat di Asia Tenggara, Sudah Saatnya E-Sport Dikembangkan di Kalbar
ISTIMEWA
Pegiat teknologi informatika Kalbar , Hajon Mahdy Mahmudin 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Berkembangnya aplikasi gaming sejauh ini punya dampak tersendiri di bidang olahraga. Game-game online seperti Mobile Legend yang populer di kalangan millenial, mendongkrak kehadiran electronic sport atau e-sport.

Dalam waktu dekat, kompetisi e-sport bertajuk Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) digelar tahun ini. Tak tanggung-tanggung, kompetisi inipun akan disiarkan langsung di stasiun televisi swasta nasional.

Baca: Kompetisi Mobile Legend Ditampilkan di TV Swasta Nasional, Transformasi E-Sport Disambut Positif

Baca: NPC Kalbar Siap Sukseskan Pawai Obor Asian Para Games di Pontianak, Meski Belum Ada Koordinasi

"Mobile legend memang jadi satu di antara game batle arena (moba) yang perkembangannya sangat pesat, terutama di asia tenggara. Bahkan di Pontianak, banyak kafe-kafe yang menyediakan akses internet untuk bermain Mobile Legend," ungkap satu dari pegiat teknologi informasi di Kalbar, Hajon Mahdy Mahmudin, Kamis (09/08/2018).

Basis pemain yang banyak inilah yang menurutnya mungkin menjadi alasan kenapa Mobile Legend dijadikan ajang perlombaan se Asia Tenggara.

Bahkan dihadirkan dalam evenr kompetisi akbar nan bergengsi.

Situasi inipun menurutnya selayaknya disikapi positif pihak-pihak terkait. Terutama yang menggawangi olahraga di Kalbar.

Apalagi, e-sport sendiri saat ini perkembangannya sudah sedemikian pesat. Dalam beberapa event olahraga bergengsi baik nasional maupun internasional, e-sport bisa saja dijadikan satu dari cabang yang diperlombakan.

Iapun berharap pihak-pihak terkait di Kalbar bisa mengagendakan lebih banyak kompetisi-kompetisi lokal. Baik yang disediakan oleh pemerintah, dan pihak terkait lainnya. 

"Atau para pemain-pemain e-sport ini juga bisa membuat wadah asosiasi-asosiasi yang berafiliasi dengan Koni di setiap daerah. Saya tidak tau apakah di Kalbar sudah ada perkumpulan e-sport yang terafiliasi dengan KONI. Tapi ini sangat penting, karena KONI punya kalender-kalender kompetisi yang jelas dan baik," timpalnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help