Wings Air Buka Rute Pontianak-Pangkal Pinang

Wings Air terbang menggunakan pesawat turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi

Wings Air Buka Rute Pontianak-Pangkal Pinang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Wings Air 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Maskapai Wings Air kembali merintis rute baru di Indonesia yang mulai efektif 10 Agustus 2018. Anak dari Lion Group ini membuka rute baru dari Pangkal Pinang ke Pontianak dan 11 Agustus 2018 akan memulai layanan Pontianak ke Pangkal Pinang.

“Jaringan ini menempatkan Wings Air sebagai maskapai pertama dan satu-satunya yang menghubungkan kedua destinasi tersebut,” ujar Operations Director of Wings Air, Kapten Redi Irawan melalui press release.

Baca: Kenakan Bunga 7 Persen, Bank Kalbar Catat Realisasi KUR Capai Rp 100 Miliar

Baca: Hal Ini Yang dilakukan Saat FPT Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota Se Kalbar

Dia memaparkan, penerbangan Pangkalpinang – Pontianak – Pangkalpinang dilayani secara regular pergi pulang (PP) setiap hari. Pesawat dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Depati Amir, Pangkalpinang (PGK) bernomor IW1230 pada pukul 11.45 WIB, tiba di Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak (PNK) pukul 12.40 WIB.

Untuk rute sebaliknya, Wings Air bernomor IW1231 menggunakan jadwal lepas landas 06.05 WIB dan mendarat di Depati Amir pada 07.15 WIB.

Wings Air terbang menggunakan pesawat turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi dengan dimanjakan oleh interior kabinnya.

ATR paling nyaman dan canggih di kelasnya yang mampu menerbangi rute jarak pendek. “Kehadiran layanan perjalanan udara langsung (direct flight) akan menguntungkan bagi traveler dan business di kedua propinsi. Karena jarak tempuh hanya 55 menit yang selama ini memakan waktu lebih panjang dengan transit di kota lain terlebih dahulu,” ujar dia.

Selain itu, keuntungan lainnya, masyarakat Kalbar dapat melanjutkan penerbangan dari Pangkalpinang ke Palembang, Tanjung Pandan dan Batam. Sedangkan lewat Pontianak, warga Bangka bisa meneruskan ke kota lain seperti Ketapang, Putussibau, Sintang, Balikpapan, Makassar, Surabaya hingga ke negeri tetangga – Kuching, Serawak, Malaysia.

Pihaknya berharap, dibukanya rute ini akan membuka pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dua sektor andalannya adalah sektor bisnis dan pariwisata. “Wings Air berkomitmen dalam memperkuat konektivitas penerbangan domestik dan regional.

Penerbangan baru yang menghubungkan Sumatera bagian selatan dengan Kalbar diharapkan bisa menarik minat sekaligus kunjungan pelancong ke daerah tujuan wisata dan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Langkah Wings Air ini juga mendukung program pemerintah untuk menggeliatkan pasar pariwisata nasional serta percepatan distribusi logistik,” papar Redi.

Wings Air optimis, pasar akan terus berkembang dari destinasi baru Pangkalpinang dan Pontianak. Dengan demikian, diproyeksikan bisa memberikan peluang bagi Wings Air untuk menambah jumlah frekuensi penerbangan.

Merilis informasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Kalimantan Barat Mei 2018 mencapai 7.939 kunjungan atau naik 45,32% dibandingkan kunjungan wisman Mei 2018.

Sementara data wisatawan menurut BPS Kota Pangkalpinang, berdasarkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Babel pada Juni 2018 mencapai rata-rata 36,96%, naik 1,46 poin dibandingkan Mei 2018 yaitu 35,50%. Komposisi antara lain Kabupaten Bangka Tengah 46,81%, Belitung (41,21%), Kota Pangkalpinang (33,40%), serta Kabupaten Bangka (17,35%).

Hingga kini, Wings Air telah terbang ke 110 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk layanan regional, sudah melayani ke Kuching, Miri, Malaka di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari dengan didukung 54 pesawat terbaru ATR 72-500/ 600.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help