Advetorial

Program Rujuk Balik Siap Dimaksimalkan

Ketika kondisi peserta sudah dinyatakan stabil oleh dokter spesialis/sub spesialis, pasien PRB dapat melakukan pemeriksaan cukup di FKTP,

Program Rujuk Balik Siap Dimaksimalkan
ISTIMEWA

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Implementasi Program Jaminan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tahun ini telah memasuki tahun kelima.

Demi meningkatkan pelayanan kepada peserta terutama untuk peserta Program Rujuk Balik (PRB) danpelayanangawatdarurat, BPJS Kesehatan Pontianak melakukan pertemuan dengan Dokter di FKTP serta Kepala Instalasi Gawat Darurat dan Kepala Poli Rawat Jalan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan beberapa waktu lalu.

Dalam era JKN salah satu bentuk layanan kepada peserta adalah Pelayanan Program RujukBalik.PRB diberikan kepada peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi dari dokterspesialis/sub spesialis yang merawat.

Ada 9 jenispenyakit yang dapat dilayani melalui Program Rujuk Balik yaitu Diabetes Melitus, Hipertensi, Jantung, Asma, Penyakit Paru obstruktifKronis (PPOK), Epilepsy, Stroke, Schizophrenia, Systemic Lupus Erythematosus (SLE).

Baca: Dituduh Terima Suap Rp 641 Juta, Anggota DPR Bunuh Diri di Apartermen

Ketika kondisi peserta sudah dinyatakan stabil oleh dokter spesialis/sub spesialis, pasien PRB dapat melakukan pemeriksaan cukup di FKTP, dimana peserta terdaftar, kemudian dokter FKTP akan melakukan pemeriksaan dan akan menuliskan resep obat rujuk balik yang tercantum pada buku kontrol peserta PRB, kemudian peserta dapat mengambil obatnya ke Apotekmitra BPJS Kesehatan yang melayani resep pasien PRB.

"Program ini tentunya meningkatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi peserta serta memudahkan peserta mendapatkan obat-obatan yang diperlukan. Sebelumnya sudah dilakukan pertemuan dengandokter spesialis, manajemen FKTP dan FKRTL dan apotek penyedia obat PRB, untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan Program Rujuk Balik maka dilaksanakanlah pertemuan kembali.” 

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved