Advetorial

Petugas RS Juga Siap Layani Pertanyaan dan Keluhan Pasien JKN-KIS

Kini BPJS Kesehatan Center telah bertransformasi menjadi Layanan Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di Rumah Sakit.

Petugas RS Juga Siap Layani Pertanyaan dan Keluhan Pasien JKN-KIS
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tahun ini telah memasuki tahun kelima.

Demi meningkatkan kepuasan peserta, tentunya program ini senantiasa melakukan penyempuranaan terus menerus, terutama dalam memberikan pelayanan publik. Salah satu bentuk pelayanan publik adalah pemberian informasi serta penanganan pengaduan keluhan peserta.

Kini BPJS Kesehatan Center telah bertransformasi menjadi Layanan Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di Rumah Sakit.

Jika sebelumnya aktivitas ini dilakukan oleh BPJS Kesehatan Center, maka pasca implementasi Verifikasi Digital Klaim (Vedika), kini pemberian informasi dan penanganan keluhan sepenuhnya disampaikan oleh petugas di rumah sakit.

Berkaitan dengan hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Pontianak melakanakan kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh PIC Pemberi Informasi dan Keluhan di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Pontianak beberapa waktu lalu.

"Saat ini sudah 100% atau  19 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di wilayah Kerja Kantor Cabang Pontianak sudah berjalan sistem Vedika. Dengan Vedika ini, petugas verifikasi tidak lagi stand by di rumah sakit. Untuk itu diperlukan Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP) sebagai wadah pencatatan informasi dan penanganan pengaduan serta media komunikasi antara peserta, rumah sakit dan BPJS Kesehatan," ujar Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Pontianak, Juliantomo.

Menurutnya. kehadiran Aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP) sekaligus menjawab tantangan di era digital saat ini.

Aplikasi SIPP terbukti mempermudah peserta JKN-KIS dalam menyampaikan keluhannya.

Selain itu aplikasi ini juga menunjang kecepatan proses penyelesaian penanganan keluhan secara cepat dan tepat.

"Aplikasi SIPP ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan dan rumah sakit sebagai penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan kemudahan akses dan transparansi kepada peserta dalam menyampaikan permintaan informasi dan penyampaian keluhan sesuai Service Level Agreement (SLA)yang berlaku,” tuturnya.

Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved