Pemkot Pontianak Akan Buat Aturan Tentang Jam Operasional Kontainer 40 Feet

Dishub akan membuat aturan berupa Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur jadwal operasional kendaraan besar tersebut.

Pemkot Pontianak Akan Buat Aturan Tentang Jam Operasional Kontainer 40 Feet
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Kontainer terparkir di pinggir jalan. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak akan membuat payung hukum terkait aturan batas waktu operasional kendaraan besar seperti kontainer yang selama ini telah banyak memakan korban di jalanan Pontianak dan membuat kepadatan lalulintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi menyampaikan pihak akan membuat aturan berupa Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur jadwal operasional kendaraan besar tersebut.

"Pengaturan lalulintas tronton dengan kapasitas 40 feet akan dibuat regulasi yang mengatur waktu operasional mulai pukul 22.00 - 05.00 WIB," ucap Utin Srilena Candramidi saat diwawancarai, Kamis (12/7/2018).

Baca: Prediksi Prancis Vs Kroasia, Ramalan dan Hasil Final Piala Dunia 2018, Pemenangnya Juara Dunia Baru

Sebelumnya waktu operasional tronton dengan kapasitas 40 feet mulai pukul 21.00-05.00 WIB, maka dengan adanya aturan (Perda) pihaknya tidak akan memberikan toleransi lagi.

Sementara untuk kontainer 20 feet selama ini juga telah diatur,, namun mereka masih boleh berjalan saat siang hari hanya saja tal boleh saat jam-jam padat.

Khusus kontainer 20 feet, mereka boleh beroperasi dijalan dalam Kota Pontianak, 08.00-12.00 WIB, 13.00-16.00 WIB dan 18.00-05.00 WIB.

"Nanti kita akan segera buat payung hukumnya supaya dilaksanakan oleh para pengusaha angkutan kontainer. Dengan adanya aturan ini outputnya adalah keselamatan lalu lintas di jalan raya," tambahnya Utin.

Selain itu, Utin menegaskan tal hanya waktu beroperasi kendaraan besar diatur, tapi kecepatan dalam kota juga maksimal 15 KM dan tidak boleh lebih.

"Kita juga sudah kerja sama dengan pihak kepolisian apalagi sudah ada Perwa untuk KTL, itu disuport oleh kepolisian," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help