Cegah Karhutla, Danrem Minta Masyarakat Komunikasi ke Babinsa untuk Buka Lahan

Komandan Korem (Danrem) 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Ismawan sudah memerintahkan seluruh jajaran di Kodim

Cegah Karhutla, Danrem Minta Masyarakat Komunikasi ke Babinsa untuk Buka Lahan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Ismawan menyampaikan atensi antisipasi Karhutla saat pelaksanaan Halal Bi Halal Jajaran Korem 121/Abw di Balai Prajurit, Kamis (12/7/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Komandan Korem (Danrem) 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Ismawan sudah memerintahkan seluruh jajaran di Kodim untuk lebih giat mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan secara sembarangan.

Apalagi saat ini telah masuk musim kemarau, resiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) cukup tinggi jika membuka lahan dengan membakar sembarangan. Sebab itu, Danrem minta masyarakat lebih bijak.

"Kalau buka lahan dengan membakar, laporkan ke Babinsa kita. Sehingga bisa kita bantu dan awasi di lapangan, karena tidak terjadi kebakaran yang lebih luas dan akhirnya berujung bencana," ujar Danrem, Kamis (12/7/2018) pagi.

Baca: Suka Duka Kapten Jerry sebagai Nakhoda Kapal Feri Penyeberangan Bardan-Siantan Pontianak

Danrem memahami bahwa dengan masuknya musim kemarau juga menjadi tanda dimulainya masa tanam. Sebab itu, pihaknya selain memberikan imbauan, juga membantu arahan yang benar saat membuka lahan.

Menurutnya di Kalimantan Barat sendiri, ada beberapa daerah seperti Sintang, Ketapang, Mempawah dan Kubu Raya yang rawan Karhutla.
Terlebih daerah yang memiliki tanah gambut menjadi atensi untuk dilakukan patroli.

Bahkan untuk di daerah gambut yang beresiko tinggi, prajurit TNI di jajaran Kodim juga akan membangun tenda. Sehingga dijaga secara bergiliran dan dilakukan patroli secara rutin supaya tidak terjadi Karhutla.

"Seperti Kubu Raya itu gambut, kalau terbakar tentu sangat mengganggu. Apalagi dekat bandara, kalau bandara tutup kita semua rugi. Makanya selain kita imbau, juga kita jaga dan kita patroli supaya tidak terjadi," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved