Bupati Buka Forum Koordinasi Kelitbangan Ketapang

Martin Rantan menggatakan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah sangat dipengaruhi ketepatan dalam merumuskan kebijakan.

Bupati Buka Forum Koordinasi Kelitbangan Ketapang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Ketapang membuka Forum Koordinasi Kelitbangan di Pendopo Bupati Ketapang, Kamis (12/7). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Bupati Ketapang, Martin Rantan menggatakan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah sangat dipengaruhi ketepatan dalam merumuskan kebijakan.

Serta perencanaan program pembangunan yang tepat sasaran dan tepat guna.

Sehingga pemerintah menekankan pentingnya perencanaan yang berbasis pada pengkajian dan penelitian. Sebab itu lantaran Badan Litbang Daerah sebagai penyelenggara kegiatan penelitian dan pengembangan (Kelitbangan) di daerah.

Maka tentu memiiliki peran strategis yang diharapkan mampu melakukan pengkajian dan penelitian yang berkualitas. Kemudian bermanfaat bagi pembangunan daerah maupun peningkatan layanan kepemerintahan.

“Hal itu bisa kita capai apabila Kelitbangan yang dilaksanakan di Ketapang sesuai arah kebijakan Pemkab Ketapang,” kata Bupati melalui rilis Andi Candra Peliputan Humas dan Protokol Setda Ketapang kepada wartawan di Ketapang, Kamis (12/7/2018).

Baca: Pernah Jadi Ketua Tim Pemenangan, Ini Kata Citra Soal Namrun Leru

“Kemudian dapat ditindaklanjuti dalam bentuk program yang bermanfaat bagi daerah dan masyarakat luas,” lanjut Bupati ketika membuka Forum Koordinasi Kelitbangan di Rumah Dinas Bupati ketapang, Kamis (12/7).

Terkait pentingnya penelitian dan pengembangan dalam perencanaan tersebut. Bupati mencontohkan bagaimana dilakukan penelitian tanah. Tingginya kadar keasaman tanah maka perlu dilakukan penelitian bagaimana pada kawasan tertentu.

Bisa direkomendasikan bagaimana mengatasi keasaman tanah demi mendapatkan hasil yang baik pada lahan. Misalnya pada satu desa bisa ditanami apa saja. Begitu juga organisasi perangkat daerah (OPD) dalam merumuskan program dan kegiatan.

Ia berharap ada sinkronisasi dengan hasil rekomendasi dari Balitbang. “Jangan rekomendasi Litbang A tapi instansi terkait menyusun program dan kegiatanya B sehingga tidak sinkron. Jadi kedepan harus benar-benar tepat sasaran dan tepat guna,” tegas Martin.

Halaman
123
Penulis: Subandi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help