BI KPw Kalbar Akan Kembangkan Desa Wisata di Desa Sumber Harapan

Adhinanto mengungkapkan, pihaknya dari BI saat ini memfokuskan pengembangan ekonomi lokal (Local Economy Development).

BI KPw Kalbar Akan Kembangkan Desa Wisata di Desa Sumber Harapan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Deputi Kepala Perwakilan KPw Bank Indonesia Kalbar, Adhinanto usai menghadiri FGD pengembangan Desa Wisata Tenun Sambas, yang digelar Jejaring Wisata Kalimantan Barat bersama Bank Indonesia, di Kantor Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kamis (12/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Deputi Kepala Perwakilan KPw Bank Indonesia Kalbar, Adhinanto mengungkapkan, pihaknya dari BI saat ini memfokuskan pengembangan ekonomi lokal (Local Economy Development).

"Dengan tujuan akhirnya adalah agar masyarakat di sekitar sini sanggup mengembangkan satu produk. Tapi sebenarnya fokus kami bukan produknya dulu, tapi bagaimana caranya aktifitas ekonomi itu ada di komunitas masyarakat tersebut," ungkapnya usai menghadiri FGD pengembangan Desa Wisata Tenun Sambas, yang digelar Jejaring Wisata Kalimantan Barat bersama Bank Indonesia, di Kantor Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kamis (12/7/2018).

Baca: 4 Partai Ini Bakal Daftarkan Bacalegnya Akhir Pekan Ini ke KPU Kota Pontianak

Adhi memberikan contoh, Semisal di Dusun Semberang, Desa Sumber Harapan.

Pada tahun 2018 ini pihaknya, hendak mengembangkannya menjadi Desa Wisata.

"Apakah di sini bisa menjadi desa wisata. Sehingga ada geliat ekonomi kepada penjual-penjual kue, pramuwisata. Kemudian kepada pemilik-pemilik perahu yang bisa menyeberangkan pengunjung ke dusun seberang, untuk bisa mengunjungi rumah-rumah perajin tenun. Pada saat komunitas sudah terbentuk dan ekonomi sudah berkembang secara menyeluruh, secara tidak langsung dengan sendirinya produk akan juga langsung ikut terjual," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Jejaring Wisata Kalimantan Barat bersama Bank Indonesia, menggelar Focus Group Discussion (FGD) pengembangan Desa Wisata Tenun di Sambas di Kantor Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kamis (12/7/2018).

Tampak hadir, Staf Ahli Bupati Sambas, I Ketut Sukarja. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Agus Supardan, kemudian dari Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sambas. Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Pemerintah Desa Sumber Harapan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Perajin Tenun, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sambas.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help