Pleno Penetapan Calon Kepala Daerah Terpilih, KPU Mempawah Tunggu Keputusan MK.

Setelah itu pihaknya akan kembali lagi ke Mahkamah Konstitusi untuk meminta surat keterangan tidak bersengketa bagi daerah yang tidak bersengketa.

Pleno Penetapan Calon Kepala Daerah Terpilih, KPU Mempawah Tunggu Keputusan MK.
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Kusnandi Ketua KPU Mempawah saat di temui Wartawan Tribun Pontianak. Rabu (04/07/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- Ketua KPU Mempawah Kusnandi mengatakan bahwa penetapan calon terpilih pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mempawah di perkirakan akan di langsungkan pada tanggal 24 Juli 2018.

Hal ini berdasarkan edaran terakhir dari KPU Pusat bahwa penetapan akan di lakukan secara secara serentak.

Baca: Laga Uji Coba di Magelang, Tim Voli Kodam XII/Tpr Menang Telak 2-0

Baca: Pemuda Singkawang Harap Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Bawa Perubahan

"Setelah kita mendapat BPRK (Buku Register Perkara Konstitusi) di mahkamah konstitusi, secara resmi akan di rekap oleh Mahkamah terhadap daerah-daerah mana yang mengajukan sengketa, Dari Dasar surat itulah nanti akan melakukan proses Penetapan rapat pleno penetapan calon terpilih," paparnya. Rabu (11/07/2018).

Setelah itu pihaknya akan kembali lagi ke Mahkamah Konstitusi untuk meminta surat keterangan tidak bersengketa bagi daerah yang tidak bersengketa.

"Dan nanti lampiran itu yang akan kita pegang untuk mengajukan proses pelantikan Bupati,"jelasnya.

Sesuai dengan tahapan dan peraturan yang ada, 3 hari setelah penentukan hasil Pilkada, KPU mempersilahkan bagi pihak - pihak yang merasa keberatan dengan hasil yang ada untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Namun, hingga saat ini, Kusnandi mengungkapkan bahwa tidak ada pihak di Kabupaten Mempawah yang mencoba untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstusi terkait hasil pemilu.

"Untuk waktu pengajuan gugatan sudah habis, jadi para kandidat tidak bisa lagi melakukan gugatan ke MK karena sesuai peraturan yang ada batas pengajuan maksimal adalah 3 hari setelah penetapan keputusan hasil pemenang," tegasnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved