Pelaku Usaha di Perbatasan Dapat Bantuan Dana Segar dari Pemerintah Pusat

Sapril menjelaskan, yang diberi bantuan itu pelaku usaha berbeda-beda, ada yang berusaha dibidang kuliner, peternakan, pertanian maupun pengolahan.

Pelaku Usaha di Perbatasan Dapat Bantuan Dana Segar dari Pemerintah Pusat
NET
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kabid Usaha Mikro pada Dinas Perdagangan UKM dan Koperasi Kapuas Hulu, Sapril menyatakan ada sebanyak 24 pelaku usaha di daerah perbatasan, akan mendapatkan bantuan dari Kementrian UKM RI, berupa dana segar sebesar Rp10 juta-Rp13 juta bagi setiap pelaku usaha tersebut akan diberikan pada tahun ini juga.

"Bantuan ini bertujuan untuk mengembangkan usaha mereka. Karena pemerintah pusat tidak mau para pelaku usaha di perbatasan ini tidak berkembang apalagi hingga gulung tikar," ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/7/2018).

Sapril menjelaskan, yang diberi bantuan itu pelaku usaha berbeda-beda, ada yang berusaha dibidang kuliner, peternakan, pertanian maupun pengolahan.

"Bantuan yang diberikan pemerintah pusat tersebut, merupakan bantuan tetap dan bukan bantuan bergilir. Artinya jika usaha mereka ini berkembang, maka pemerintah akan melanjutkan pemberian bantuannya," ucapnya.

Terwujudnya bantuan dari kementrian tersebut bermula dari upaya pelaku usaha dengan meminta rekomendasi dari pihak kecamatan. Pelaku usaha mana saja yang ada diperbatasan masih aktif dan layak untuk diberi bantuan.

"Setelah mendapatkan rekomendasi dari kecamatan, kami pun melakukan survei kelapangan dan melakukan pelatihan untuk mereka. Sehingga kami pun mengusulkan bantuan ke pemerintah untuk pelaku usaha ini. Dari upaya inilah bantuan ini bisa terwujud," ujarnya.

Sapril menuturkan, tahun 2019 mendatang juga akan melakukan pelatihan kepada 200 pelaku usaha yang akan mereka latih yang terbagi dari tiga jalur, mulai dari jalur Lintas Utara, Lintas Selatan dan Jalur Sungai.

“Melalui dana APBN ini kami akan memberikan pelatihan kepada mereka. Dan kami berharap juga mereka ini bisa mendapatkan bantuan serupa dari kementrian UKM dan Koperasi,” ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help