Melejitkan Prestasi Akademik Dengan Aplikasi Edukatif di Gadget

Sehingga belajar tak hanya di ruang kelas, tapi juga dengan sebatang smartphone di genggaman, atau perangkat gadget lainnya.

Melejitkan Prestasi Akademik Dengan Aplikasi Edukatif di Gadget
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Pegiat Teknologi Informasi di Kalbar, Hajon Mahdy Mahmudin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Smartphone atau gadget yang kamu, ternyata lebih dari sekadar sebuah alat komunikasi. Hatta juga sekadar instrumen berselancar di media sosial.

Faktanya, gadget bisa dimanfaatkan untuk banyak hal positif. Termasuk menggunakannya sebagai sarana meningkatkan prestasi akademik.

Baca: 253 Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se Kalbar Tak Lulus Administrasi

Baca: Bersua Hadapi Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF U-19, Pelatih Malaysia Angkat Suara

Baca: Timsel Resmi Umumkan Peserta Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Yang Lolos Administrasi

Satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran virtual.

Sehingga belajar tak hanya di ruang kelas, tapi juga dengan sebatang smartphone di genggaman, atau perangkat gadget lainnya.

"Sudah banyak (aplikasi belajar online). Mau tanya jawab dengan guru ada Brainly, mau belajar bahasa asing ada duolingo atau bahaso, mau cari guru private ada GreatEdu dan RuangGuru," ungkap satu dari pegiat teknologi informasi di Kalbar, Hajon Mahdy Mahmudin, Rabu (11/07/2018).

Dengan demikian, siswa bisa mengoptimalkan penggunaan gadget untuk hal-hal positif. Khususnya dalam meningkatkan prestasi akademiknya.

Materi-materi pelajaran di sekolah, dapat coba lebih difahami dengan berbagai aplikasi tersebut. Jadi, kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Tinggal membawa smartphone yang kamu punya dan cari tempat yang nyaman, kamu sudah bisa belajar dengan suasana menyenangkan. "(Aplikasi tersebut) asal digunakan dengan baik, maka hasilnya baik," lanjut Hajon.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan aplikasi semacam ini. Seperti keleluasaan bagi murid atau orang tua melihat cv guru dulu sebelum memilih guru tersebut, sehingga  sesuai dengan kebutuhan seperti yang ada pada aplikasi GreatEdu dan sebagainya

Beberapa aplikasipun menurutnya saat ini berkembang cukup pesat. Dengan kata lain, banyak digunakan para pelajar untuk belajar secara online. 

"Untuk saat ini yang saya lihat yang leading adalah RuangGuru dan Bahaso," ungkapnya.

Penggunaan aplikasi belajar online inipun menurutnya sejauh ini, punya trend yang cukup baik di skala nasional.

Hanya saja, sayangnya di Kalbar, penggunaan aplikasi belajar online semacam ini belum terlalu populer. Termasuk di Pontianak.

"Tapi di Pontianak, saya lihat perkembangan aplikasi seperti ini masih jalan di tempat," pungkasnya. (hak)

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved