Home »

News

Sudah 3 Hari, Tim SAR Harus Lakukan Misi Berbahaya Lagi Untuk Keluarkan 5 Orang Lainnya dari Goa

Dilaporkan The Guardian, Selasa (10/7/2018), operasi penyelamatan dimulai sejak pukul 10 pagi waktu setempat.

Sudah 3 Hari, Tim SAR Harus Lakukan Misi Berbahaya Lagi Untuk Keluarkan 5 Orang Lainnya dari Goa
AFP
Tim penyelam Angkatan Laut Thailand di gua Tham Long selama operasi penyelamatan 12 remaja laki-laki dan pelatih tim sepak bola yang terperangkap di goa di Taman Hutan Non Khun Nam Nang di distrik Mae Sai, provinsi Chiang Rai, Thailand 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Misi penyelamatan sekelompok remaja dan pelatih sepak bola yang terjebak di goa Tham Luang, Thailand berlanjut untuk hari ketiga, Selasa (10/7/2018).

Setelah berhasil mengeluarkan delapan remaja lak-laki berusia 11-17 tahun itu, tim penyelam kembali meluncur ke dalam goa untuk menyelamatkan 4 remaja tersisa beserta pelatih mereka, Ekapol Chanthawong.

Baca: Mahathir Mohamad Jadi Pemimpin Paling Tua di Dunia, Berikut 5 Pemimpin NegaraTertua Lainnya

Hujan deras mengguyur area tersebut sejak Senin malam hingga Selasa pagi.

Namun, tim SAR tetap akan menjalankan misi yang berbahaya itu.

"Memang hujan. Tapi persiapan untuk operasi penyelamatan tak terpengaruh dan dimulai sejak pagi," kata Narongsak Osatanakorn, kepala pusat komando gabungan yang mengoordinasikan operasi tersebut.

"Jika semua berjalan lancar. Kita akan melihat empat remaja, pelatih mereka, seorang dokter dan tiga anggota Kelautan Thailand Seals keluar dari goa itu. Empat anak tambah satu pelatihnya, jadi lima yang tersisa," imbuhnya.

Baca: Pemohon SKCK di Polres Sanggau Melonjak Hingga 300 Persen

Sebanyak 19 penyelam akan diturunkan untuk operasi hari ini.

Siapapun yang tidak berkepentingan pun telah diperintahkan untuk menjauhi area gua.

"Semoga misi ini berjalan lebih cepat dibandingkan hari Senin dan Minggu kemarin," ujarnya.

Sementara itu, delapan remaja yang berhasil dikeluarkan dalam operasi penyelamatan pada Minggu (8/7/2018) dan Senin (9/7/2018), dirawat di sebuah rumah sakit di kota Chiang Rai.

Sejak dikeluarkan dari dalam gua, kedelapan remaja yang dikeluarkan dari gua telah menjalani pemindaian sinar-X dan pemeriksaan darah.

"Kedelapan remaja itu semuanya sehat, tidak demam. Semuanya dalam kondisi mental yang baik," sebut Jesada Chokedamrongsuk, sekretaris Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand dalam jumpa pers, Selasa (10/7/2018).

Seperti diketahui, 12 remaja laki-laki beserta pelatih sepak bola mereka terjebak dalam goa sejak 23 Juni 2018 lalu, akibat mencari tempat untuk menyelamatkan diri dari banjir yang disebabkan oleh hujan deras.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tim SAR Masih Berusaha Mengeluarkan 5 Orang Tersisa di Gua Thailand.

Editor: madrosid
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help