Kepala Kantor Kemenag Mempawah: Suhu di Arab Tak Seekstrem Bayangan Masyarakat

Kamaluddin meyakinkan bahwa cuaca di Arab Saudi tidak se ekstrim yang ada di benak masyarakat tanah air.

Kepala Kantor Kemenag Mempawah: Suhu di Arab Tak Seekstrem Bayangan Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Suasana Manasik di Mesjid Nikmatullah kecamatan Sungai Pinyuh, Selasa (10/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mempawah Kamaluddin mengatakan bahwa pihaknya dalam Manasim Haji masal yang di laksanakan di Mesjid Nikmatullah Kecamatan Sungai Pinyuh untuk lebih memantabkan para jamaah dalam melaksanakan Ibadah Haji.

Ia kembali menekankan kepada seluruh jamaah agar selalu menjaga kesehatan, dan mulai untuk belajar dan mulai olah raga kecil, sehingga fisik dari para jamaah akan lebih baik.

Baca: Pj Sekda Mempawah Ismail Pastikan Jamaah Haji Asal Mempawah Akan Terfasilitasi

Baca: Dandim Mempawah Beberkan Kegiatan TMMD di Landak, Ini Sasarannya

Selain itu, ia menjelaskan agar jamaah nantinya mampu menghemat tenaga dalam melaksanakan ibadah haji, karena ibadah haji ini merupakan rangkaian ibadah yang memerlukan waktu berhari - hari.

"Semangat yang berlebihan terkadang yang membuat jamaah ini malah membuat kelelahan, jamaah kita inikan juga banyak yang tua, mereka bersemangat tapi terkadang lupa akan kondisi tubuh karena semangat ini, sehingga agar tidak negdrop harus selalu menjaga tubuh,"paparnya.

Kamaluddin meyakinkan bahwa cuaca di Arab Saudi tidak se ekstrim yang ada di benak masyarakat tanah air.

Iapun mengatakan bahwa bila akan memasuki kawasan yang bersuhu panas, maka pihak pendamping kloter akan selalu memberikan arahan kepada seluruh jamaah yang ada.

"Panas yang dalam fikiran kita panas, disana itukan jamaah tidak selalu di lapangan terbuka, di masjidil Haram dingin, Masjid Nabawi dingin, di padang Arafah pun tidak sepanas yang kita fikirkan, dan pihak kerajaan Saudi juga sudah menyiapkan kipas disana, dan memfasilitasi,"ungkapnya menegaskan.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help