Kelas Inkubi Fintech Pekan Ini Bedah Strategi Bisnis di Era Milenial

Program Inkubi Fintech BI Kalbar 2018 yang akan selesai pada akhir Agustus 2018 ini akan menghadirkan berbagai narasumber dan materi yang menarik.

Kelas Inkubi Fintech Pekan Ini Bedah Strategi Bisnis di Era Milenial
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Pemateri menyampaikan pemaparannya saat mengisi sesi kelas minggu ketiga di Program Inkubi Fintech BI Kalbar, Selasa (10/7/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Di Era Milenial ini, berbisnis harus mengedepankan prinsip benefit of functional, emotional dan spiritual. Hal ini diungkapkan Faizal Alfa, Motivator terkemuka bisnis UMKM dari Surabaya saat mengisi sesi kelas minggu ketiga di Program Inkubi Fintech BI Kalbar, Selasa (10/7/2018).

Menurutnya prinsip tersebut menuntut bahwa seorang pelaku bisnis UMKM harus mampu merangkul konsumen dalam aspek-aspek yang lebih dari 'sekedar-menjual-produk'.

Baca: Kepala Kantor Kemenag Mempawah: Suhu di Arab Tak Seekstrem Bayangan Masyarakat

"Antara lain seperti menyisihkan pendapatan penjualan untuk menyumbang panti asuhan (spiritual) dan mendesain produk yang mempererat hubungan antar manusia (emotional). Misal,menciptakan restoran yang nyaman untuk tempat kumpul antar anggota keluarga," kata Faizal.

Selanjutnya M Subagio dalam sesi kelas Effective Communication Skill mengatakan komunikasi yang efektif dalam menyampaikan kesan manis kepada konsumen juga menjadi hal penting di era milenial ini. "Di mana persaingan antar pengusaha juga semakin tajam," ujarnya.

Baca: Diskes Kalbar Komitmen Entaskan Rubella dan Campak Di Kalbar

Kelas Inkubi Fintech BI Kalbar 2018 telah berlangsung selama tiga kali atau dilaksanakan tiap pekan. Setiap kegiatan ini telah menghadirkan banyak materi yang dipersiapkan bagi para peserta (terpilih dari hasil seleksi) untuk lebih sukses dalam menghadapi persaingan bisnis di era milenial ini.

Sebut saja, di minggu pertama telah dihadirkan kelas `Moral dan Spiritual Bisnis' yang juga menuntut bahwa seorang pengusaha juga harus memiliki motivasi religi dan kemanusiaan dalam berbisnis, dan di minggu kedua telah dihadirkan kelas Attractive Packaging yang memberikan strategi bagi para pengusaha untuk menarik konsumen melalui kemasan/iklan produk yang dijualnya.

Baca: Inilah Prosedur Untuk Pengajuan Mendapatkan SKCK

Selanjutnya, program Inkubi Fintech BI Kalbar 2018 yang akan selesai pada akhir Agustus 2018 ini akan menghadirkan berbagai narasumber dan materi lain yang tidak kalah menarik.

Antara lain seperti teknik program pembiayaan melalui crowd funding (Koinworks Indonesia), ketentuan perpajakan UMKM terkini (bekerja sama dengan Dirjen Pajak Kalbar), english for business in milenial era.

Selain itu juga akan dilakukan visit kepada pengusaha UMKM yang telah berhasil, dan materi-materi lain yang ditujukan untuk memperkaya wawasan peserta di dalam berbisnis seusai mengikuti program Inkubi Fintech Kalbar 2018 yang dimaksud. (*/nin)

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help