Salurkan Buku Demi Tingkatkan Minat Baca di Pedalaman

Berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan minat baca sejak usia dini. Tim donasi buku Sekadau kembali menyalurkan sejumlah buku.

Salurkan Buku Demi Tingkatkan Minat Baca di Pedalaman
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Tim donasi buku Sekadau kembali menyalurkan sejumlah buku. Kali ini, buku-buku hasil donasi tersebut disalurkan di Dusun Selintah, Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu. Penyaluran buku tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat, bahkan pihak desa Rawak Hulu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan minat baca sejak usia dini. Tim donasi buku Sekadau kembali menyalurkan sejumlah buku.

Kali ini, buku-buku hasil donasi tersebut disalurkan di Dusun Selintah, Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu. Penyaluran buku tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat, bahkan pihak desa Rawak Hulu.

Satu diantara Tim Donasi Buku Sekadau, Akhmal berharap bantuan buku tulis, buku pelajaran maupun buku pelajaran yang berasal dari masyarakat itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Ia menjelaskan, buku-buku bacaan maupun buku pelajaran tersebut memang bukan buku baru.

"Ini merupakan salah bentuk kepedulian dan upaya kami untuk membantu anak-anak agar semakin mudah mengakses atau mendapatkan buku. Menularkan semangat agar adik-adik agar mau membaca," ujarnya Senin (9/7).

Selain itu, ia juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah turut mendukung upaya yang dilakukan pihaknya itu. Ia berharap, kedepan semakin banyak lagi buku-buku yang bisa disalurkan kepada anak-anak.

“Hingga saat ini kami masih menerima bantuan, bisa juga langsung diantar ke Sekretariat FKPM di Jalan Mawar, Komplek Terminal Lawang Kuari Sekadau. Kami hanya menerima donasi dalam bentuk barang, yaitu buku dan alat tulis lainnya,” katanya.

Sekretaris Desa Rawak Hulu, Zainal menyambut baik adanya donasi buku yang disalurkan tim donasi buku Sekadau ke Dusun Selintah. Zainal yang didampingi Kasi Pelayanan Desa Rawak Hulu, Jay mengapresiasi tim donasi buku yang telah memilih Dusun Selintah sebagai sasaran penerimaan buku-buku tersebut.

“Kami dari pemerintah desa Rawak Hulu, sekaligus orang tua murid menyampaikan terimakasih. Karena belum pernah ada kegiatan seperti ini di disini (Selintah),” ujarnya.

Ia menilai, hal ini sebagai langkah atau upaya untuk membantu anak-anak agar gemar membaca. Salah satunya menyediakan buku-buku bacaan dan lain sebagainya. Sebelumnya, kata dia, upaya untuk menularkan minat baca anak-anak dilakukan dengan tersedianya pojok baca Bhabinkamtibmas.

“Mudah-mudahan dengan adanya donasi buku ini semakin menularkan lagi semangat anak-anak untuk membaca,” ucapnya.

Zainal mengatakan, rencananya buku-buku tersebut nantinya akan disimpan di TPA Dusun Selintah. Menurutnya, dengan disimpannya di TPA anak-anak semakin mudah mengakses buku-buku.

“Karena sejauh ini buku-buku masih minim. Para santri TPA juga siswa SD Negeri 10 Selintah. Dengan demikian anak-anak mudah mendapatkan buku jika ingin belajar,” kata dia.

Tak hanya itu, ia juga prihatin dengan minimnya jumlah buku. Khusus di SD Negeri 10 Selintah, kata dia, keterbatasan jumlah buku juga dirasakan. Kendati demikian, kata dia, dengan jumlah seadanya tentu tidak mengurangi semangat untuk memacu anak-anaka agar gemar membaca.

“Kami berharap, kiranya kedepan perpustakaan di SD Negeri 10 Selintah jumlah bukunya semakin banyak. Karena memang jumlahnya masih kurang,” tukasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help