Citizen Reporter

Rapat Kabiro Humas Seluruh Indonesia, Ini Pesan Penting Sekjen Kemendagri

Rapat konsolidasi yang dipimpin oleh Sekjen ini berisikan peningkatan peran Humas yang awalnya terbatas hanya satu arah

Rapat Kabiro Humas Seluruh Indonesia, Ini Pesan Penting Sekjen Kemendagri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kalbar Emi Puterina. 

Citizen Reporter

Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Sekjen Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Hadi Prabowo menyampaikan pesan penting saat rapat bersama Kepala Biro Humas seluruh Indonesia di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (9/7/2018). 

 "Saya menekankan agar kegiatan rapat ini, tidak hanya kegiatan seremonial namun dapat ditindaklanjuti secara nyata oleh seluruh Kepala Biro Humas seluruh Indonesia," ujarnya.

Baca: Kebocoran Pipa Gas di Perairan Banten, Ini Yang Dilakukan Kemenhub Pada Alur Pelayaran

Baca: Hari Pertama, Enam Bakal Calon Anggota DPD RI Daftar ke KPU

Baca: Bangga Tuan Rumah, Pj Gubernur Kalbar Tegaskan Kemajuan Bangsa Ditentukan Kualitas SDM

Rapat konsolidasi yang dipimpin oleh Sekjen ini berisikan peningkatan peran Humas yang awalnya terbatas hanya satu arah yakni bagaimana mengkomunikasikan, menyampaikan informasi atas penyelenggaraan pemerintah daerah, pemerintah pusat pada media cetak dan elektronik.

“Namun, sekarang dituntut harus mempunyai kemampuan di bidang teknologi, terkait bagaimana menyikapi, menganalisis dan memberikan informasi yang jelas baik melalui media sosial, media elektronik dan lainnya,” katanya.

Melalui peran Humas maka citra, kajian dan kinerja yang dicapai pemerintah dapat disampaikan ke masyarakat. Hadi menambahkan di era reformasi, peran humas merupakan komunikasi timbal balik. Sehingga, apa apa yang disampaikan kepada masyarakat akan mendapatkan tanggapan baik pro maupun kontra.

“Humas harus mampu memberikan kajian analisis yang tepat, baik dari sisi normatif maupun dari sisi riil  lapangan,” katanya.

Kemudian, Hadi mengingatkan hal sangat penting adalah fungsi koordinasi. Humas harus mampu menguasai berbagai sektor yang ada dalam penyelenggaraan pemerintahan. Namun, Humas tidak harus menguasai secara teknis.

“Untuk hal ini, perlu adanya koordinasi dengan perangkat daerah seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” tukasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kalbar Emi Puterina menyambut baik rapat koordinasi perdana ini. Hal-hal yang digariskan oleh Bapak Sekjen Kemendagri merupakan harapan kita semua.

“Kita perlu melakukan perbaikan dan peningkatan dalam internal kehumasan, bila kita tidak ingin tertinggal,” katanya yang mengikuti rapat di Jakarta.

Peningkatan peran Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemampuan dalam penguasaan teknologi informasi  juga perlu di miliki oleh insan Humas, terlebih di era digital sekarang. Hal ini akan mempermudah kelancaran pekerjaan kehumasaan.

“Hal penting lainnya adalah meningkatkan komunikasi dengan lintas sektoral. Banyak hal yang dibahas, termasuk memanfaatkan semua sarana yang ada di media cetak, elektronik, online, luar ruang maupun medsos,” tukasnya. (*).

Tags
Rapat
Humas
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved