Kecamatan Nanga Taman Terus Berupaya Wujudkan Keluarga Sehat

Kedepan, kata Ugang, puskesmas sebagai ujung tombak dari pelayanan kesehatan milik pemerintah harus lebih proaktif lagi

Kecamatan Nanga Taman Terus Berupaya Wujudkan Keluarga Sehat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Camat Nanga Taman, Paulus Ugang 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Dalam mewujudkan keluarga sehat, pemerintah kecamatan Nanga Taman terus melakukan berbagai upaya. Camat Nanga Taman Paulus Ugang mengatakan, pemerintah terus berupaya dalam membangun kemandirian masyarakat, dalam hidup sehat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Dengan harapan terciptanya masyarakat sadar kesehatan terutama penderita tuberculosis paru harus mendapatkan pengobatan sesuai standar. Penderita hypertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, keluarga mempunyai akses sarana air bersih, dan keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat," ujarnya Senin (9/7/2018).

Baca: Pansel Pastikan Calon Hakim MK Harus Bebas dari KKN, Inilah Nama-namanya!

Baca: Pelajar SMP Disekap dan Dilecehkan Debt Collector, Penyebabnya Orangtua Telat Bayar Cicilam Motor

Baca: Viral! Wanita Ini Hapus Pertemanan dengan Suami di Facebook, Selanjutnya Terjadi Hal Mengejutkan

Kedepan, kata Ugang, puskesmas sebagai ujung tombak dari pelayanan kesehatan milik pemerintah harus lebih proaktif lagi dalam melaksanakan program-program kesehatannya.

Program preventif dan promotif harus kembali digalakkan. Melalui pendekatan keluarga, diharapkan puskesmas dapat menangani masalah-masalah kesehatan individu.

"Ini artinya penanganan masalah kesehatan dilakukan sejak fase dalam kandungan, proses kelahiran, tumbuh kembang masa bayi-balita, usia sekolah dasar, remaja, dewasa sampai usia lanjut. Fokusnya adalah pada kesehatan individu-individu dalam keluarga," katanya.

Ia juga mengatakan, untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Kecamatan Nanga Taman perlu membentuk Kelompok Kerja Kecamatan Sehat dengan Bidang Kesehatan, Bidang Penyuluhan dan Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Bidang Pembinaan Lingkungan, Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan. 

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help