Miliki Cita Rasa Khas, Kopi Kayong Diminati Banyak Kalangan di Masyarakat

Danang membeli biji Kopi Kayong dari seorang pemasok yang sudah cukup lama memasarkan kopi yang berasal dari para petani di Kecamatan Seponti,

Miliki Cita Rasa Khas, Kopi Kayong Diminati Banyak Kalangan di Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Adelbertus Cahyono
Danang Prasetyo menyeduh kopi di kedai kopi miliknya, Pondok Kopi di Sukadana, Kayong Utara, Sabtu (7/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Kopi Kayong mendapat tempat cukup tinggi di kalangan masyarakat Kabupaten Kayong Utara, khususnya Sukadana.

Hal ini diungkapkan oleh Danang Prasetyo, pemilik Pondok Kopi yang merupakan satu-satunya kedai kopi semi modern di Sukadana yang menyediakan Kopi Kayong.

Dalam sebulan, Danang bisa menghabiskan 4-5 kg biji Kopi Kayong yang diolah dengan berbagai varian.

"Kalau dibandingkan dengan biji kopi lain Kopi Kayong yang paling laku," kata Danang, Sabtu (7/7/2018).

(Baca: Terbukti Lakukan Pelanggaran, Dua KPPS di Kalbar di Pecat )

Danang membeli biji Kopi Kayong dari seorang pemasok yang sudah cukup lama memasarkan kopi yang berasal dari para petani di Kecamatan Seponti, salah satu kecamatan di Kayong Utara.

"Saya belinya sama Mas Iwan Kojal, dia dulu yang ngolah biji kopinya dari petani, nanti baru dikirim kesini (Sukadana)," ujarnya.

Di kedai yang beroperasi hingga tengah malam itu, Danang juga menjual berbagai jenis kopi lain, seperti Kopi Kubu Raya, Borneo, dan Singkawang.

(Baca: Bank Indonesia Optimistis Logo Baru BPR Jadi Semangat Baru )

"Ada juga yang kita olah menjadi es kopi, banyak varian, espresso juga ada walaupun peralatannya masih sederhana," ungkap pria yang juga berprofesi sebagai Jurnalis di satu media cetak di Kalimantan Barat ini.

Menurut Danang, hal ini seharusnya dijadikan salah satu indikator bagi pemerintah daerah untuk menaruh perhatian bagi perkebunan kopi di Kayong Utara.

Keberlangsungan produksi kopi di Kayong Utara dan kesejahteraan petani, lanjutnya, juga merupakan tanggungjawab pemerintah daerah demi kemajuan ekonomi warga.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help