'Dagozilla' Robot Buatan Anak ITB Ini Bisa Main Bola, Keren!

Pernah ngebayangin kalau sepak bola dimainan robot? Mahasiswa ITB coba merealisasikan hal itu bro.

'Dagozilla' Robot Buatan Anak ITB Ini Bisa Main Bola, Keren!
Net
Robot

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pernah ngebayangin kalau sepak bola dimainan robot? Mahasiswa ITB coba merealisasikan hal itu bro.

Baru-baru ini aja tim mahasiswa dari berbagai jurusan di ITB bikin tim robot yang bisa bermain sepak bola yang dinamakan "Dagozilla".

Dilansir dari situs resmi ITB, Evan Febrianto selaku ketua tim bilang nih kalau robot Dagozilla itu dibuat untuk jadi salah satu pendorong pengembangan robot humanoid di dunia. Salah satu keunggulannya dari segi otonomous dan kemampuan komunikasi antar robot.

Lebih lanjut, Evan bilang kalau ia dan kawan-kawannya bikin tiga robot yang terdiri dari dua robot penyerang dan satu robot penjaga gawang. Robot-robot itu pun bekerja secara otmatis, bro.

Baca: Terdengar Suara Ledakan Bom 5 Kali di Pasuruan, Seorang Bocah Terluka

Saat dijalankan mereka berkomunikasi untuk menentukan perannya masing-masing. Bahkan sampai apakah robot harus menyerang, bertahan, assist, dll. yang dilihat dari ada nggaknya bola. Sebelumnya juga udah ada program yang mengatur pola serangan.

Pembuatannya sendiri sampai delapan bulan, yang terdiri dari proses riset desain selama lima bulan, proses manufaktur serta assemblu selama dua bulan, dan proses pengujian sekaligus simulasi selama satu bulan. Biayanya sampai sekitar Rp25 juta loh!

Just FYI, tim pembuat Dagozilla ini sempat dapat penghargaan loh sebagai tim dengan strategi terbaik pada Kontes Robot Indonesia regional II pada Mei lalu.

Nantinya, robot bakal dioptimalkan dengan beberapa fitur tambahan. Contohnya fitur mendeteksi bola tau lokalisasi robot di lapangan dan kemampuan komunikasi antar robot. Bakal dikembangkan pula signature motion sob.

Editor: madrosid
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help