Pilgub Kalbar

Menunggu Hasil Pilgub Kalbar, Ini Pesan Pengamat FISIP Untan

Pengamat FISIP Untan DR Ngusmanto meminta masyarakat untuk tetap menahan diri, tidak terprovokasi.

Menunggu Hasil Pilgub Kalbar, Ini Pesan Pengamat FISIP Untan
Ilustrasi
Ilustrasi Pilkada 2018 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pengamat FISIP Untan DR Ngusmanto meminta masyarakat untuk tetap menahan diri, tidak terprovokasi dan menghormati proses penghitungan suara nyata atau real count oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar terkait hasil Pilkada Serentak Kalbar 2018, khususnya Pilgub.

Simak pesannya dalam tulisan berikut ini :

“Saya harapkan warga masyarakat dan simpatisan jika mendapat informasi jangan hanya satu sumber, tapi kroscek ke lainnya. Sehingga, jangan sampai terpancing hal-hal tidak benar. Kemudian, berita hoaks yang dilakukan oknum tertentu sebaiknya dikurangi atau bahkan tidak dilakukan lagi.

Baca: Menunggu Hasil Pilgub Kalbar, Ini Imbauan Ketua Walubi Kalbar

Karena terus terang saja sekarang ini kan situasi yang sebenarnya tidak kondusif apabila terus dipancing-pancing melalui provokasi. Terlebih ketika ada beberapa riak-riak kecil di beberapa daerah. Kita bersyukur kondisi sudah kembali normal, aman dan terkendali.

Warga dan simpatisan harus menahan diri, begitu juga pemimpin-pemimpinnya dan pasangan calonnya harus menyejukkan. Ini agar Kalbar yang awalnya kondusif, berubah karena ada pancingan-pancingan tertentu dan membuat orang emosi.

Simpatisan saya minta bersabar menunggu hasil perhitungan real count oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang keluar tidak lama lagi. Paslon, pendukung dan simpatisan yang menang atau unggul versi quick count lembaga survei saya imbau tidak usah melakukan hal-hal yang menimbulkan permasalahan ke depannya. Kita berharap semuanya menjaga kondusifitas itu.

Jika ternyata ada oknum provokator-provokator yang mengacaukan kondisi kondusif Pilkada Kalbar khususnya usai tahap pencoblosan, saya mendesak aparat kepolisian untuk mengambil tindakan tegas. Sesuatu yang awalnya kecil akan menjadi besar apabila tidak segera ambil tindakan tegas.

Siapapun juga kalau kondisi kondusif maka semua kegiatan apapun akan tetap berjalan baik. Kerja lancar, mau kemana-mana tenang. Berbeda jika suasana tidak kondusif, mau pergi takut dan sebagainya. Mari kita ciptakan kondisi kondusif di Kalbar.

Yang jadi pemimpin dan dianggap pemenang nantinya adalah pemimpin yang melindungi semua pihak, menganggap siapapun yang awalnya tidak memilih tetap diperlakukan dengan baik dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help